Mahasiswa

3 Prospek Kerja Teknik Sipil yang Bisa Dipertimbangkan

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
prospek kerja teknik sipil

Teknik sipil merupakan lulusan yang dengan standar gajinya adalah sekitar Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000. Nominal tersebut memang terbilang cukup besar apabila dibandingkan dengan profesi lulusan lainnya. Berikut 3 prospek kerja teknik sipil yang bisa kamu pertimbangkan ke depannya.

1.     Project Manager

Posisi sebagai project manager juga tidak kalah penting karena kamu akan diberi kuasa untuk bertanggung jawab penuh atas seluruh proses pelaksanaan pembangunan yang sedang berjalan. Memang terhitung berat karena jika kamu tidak mampu maka risiko kerugian yang diperoleh semakin besar. Kamu akan diberikan kepercayaan untuk memantau mulai dari budget hingga segala permasalahan yang mungkin timbul ketika proses pembangunan berlangsung. Persyaratan yang dibutuhkan yakni pengalaman kerja minimal 5 tahun lamanya. Wajar, mengingat tanggung jawab serta risikonya yang sangat besar. Untuk standar gaji project manager biasanya adalah Rp 8.000.000 hingga Rp 12.000.0000.

2.     Surveyor

Menjadi seorang surveyor tentu harus mampu bertanggung jawab di mana kamu harus memastikan bahwa proyek pembangunan yang sedang berjalan telah memenuhi peraturan atau belum. Kamu harus bisa memeriksa seluruh persiapan seperti rancangan bangunan secara mendetail. Hal tersebut tentu harus diperhatikan mulai dari struktur dasar hingga pondasi dari bangunan tersebut.

Surveyor juga memiliki kewajiban untuk membantu proses pengurusan dokumen perizinan pembangunan. Apabila tidak ada perizinan maka proses pembangunan tidak dapat dilanjutkan, ini juga akan merugikan pihak yang turut serta di dalamnya. Masalah akan timbul jika kamu mengalami pelanggaran hukum dimana harus mendapatkan solusi secepatnya. Bagi kamu yang fresh graduated atau baru saja lulus kuliah juga bisa turut melamar kerja pada posisi tersebut. Soal gaji, seorang surveyor biasanya diberikan sebesar Rp 3.000.000 hingga Rp 6.000.000. Prospek kerja teknik sipil memang sangat menjanjikan.

3.     Manajer Konstruksi

Tugas seorang manajer ialah memberikan arahan ketika memegang kendali sebuah proyek konstruksi. Oleh karena itu pekerjaan ini dinilai sangat sesuai bagi lulusan teknik sipil yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi. hubungan pekerjaan ini juga sangat erat dengan surveyor, arsitek dan bagian perencanaan lainnya. Ada beberapa proyek yang sering dikerjakan oleh manajer konstruksi yakni tempat tinggal, industri, gedung komersial dan infrastruktur.

Bagi kamu yang tertarik dengan profesi ini maka wajib memiliki pengalaman dalam bidang teknik sipil paling kurang tiga tahun. Selain itu ada pula perusahaan yang menerima manajer konstruksi yang baru saja mendapatkan ijazah. Jadi, kamu harus pintar dalam memilih perusahaan yang tepat sehingga sesuai dengan pengalamanmu. Standar gaji seorang manajer konstruksi adalah Rp 7.000.000 hingga Rp 30.000.000. Itulah beberapa prospek kerja teknik sipil yang bisa kamu pertimbangkan. Gajinya lumayan tinggi dan menjanjikan. Selain itu kamu juga bisa mencari info lowongan kerja terbaru lainnya untuk teknik sipil

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply