Mahasiswa

4 Tips Mencari Lowongan Kerja di Bali

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
lowongan kerja di bali

Mencari lowongan pekerjaan memang semakin hari semakin sulit. Apalagi di tengah kondisi pandemi yang belum tahu kapan berakhirnya. Alhasil, kamu harus gerak cepat untuk memperebutkan posisi lowongan yang masih tersisa. Berikut ini ada 4 tips mencari lowongan kerja di Bali bagi yang berminat.

  1. Lamar Via Situs Lowongan Kerja

Zaman yang super canggih seperti saat ini seolah memudahkan segalanya, tidak terkecuali melamar kerja. kamu tidak lagi harus datang ke setiap kantor untuk mengecek apakah ada lowongan kerja di sana atau tidak. cara konvensional yang umum dilakukan adalah dengan melamar pekerjaan via job posting. Cara paling umum dilakukan oleh berbagai kalangan pencari kerja ini sangat ampuh bagi kamu yang sedang butuh pekerjaan. Namun kekurangannya adalah kamu terkadang tidak menemukan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu.

Parahnya lagi, saingan kamu semakin banyak karena bisa berjumlah ribuan para pencari kerja berkecimpung dalam situs yang sama dan mengincar posisi yang sama denganmu di Bali. Para recruiter tentunya akan lebih mengutamakan orang lokal dibanding orang luar. Oleh karena itu persiapkan diri kamu menjadi lebih baik sehingga mereka punya alasan yang kuat untuk memilih kamu nantinya.  

  1. Freelancer

Kamu pasti tahu bahwa Bali banyak didatangi oleh para perantau. Nah, perantau-perantau itu tidak langsung mendapatkan pekerjaan yang tepat ketika menginjakkan kakinya di tanah Dewata. Mereka akan bekerja paruh waktu atau akrab disapa freelancer. Pekerjaan paruh waktu ini bisa berupa fotografer, videografer, marketing, desain grafis dan profesi bebas lainnya. Supaya kamu bisa menghasilkan pendapatan setiap hari maka harus aktif mencari pekerjaan. Semakin gesit kamu mencari pekerjaan maka semakin besar pula kesempatan untuk meraup banyak keuntungan. Kalau kamu mencari lowongan kerja di Bali yang tetap, maka akan sulit. Sebaiknya memang kerja sebagai freelancer terlebih dahulu agar perjalanan untuk mencari pekerjaan tetapnya lebih mulus.

  1. Independent Agent

Bali dikenal sebagai pulau turis karena jumlah turis yang mengunjungi Bali sangat banyak. Oleh karena itu Bali juga terdapat banyak penginapan, layanan tour dan properti. Setiap bisnis tersebut tentunya membutuhkan orang yang paham akan ilmu marketing untuk menyewa kamar atau mencari koneksi. Nah, jika kamu pintar berbicara dengan para turis, dalam hal ini bicara soal apa yang ingin kamu promosikan, maka akan mendapatkan komisi sebesar 5% hingga 15% dari harga yang ditawarkan.

  1. Pergaulan Via Berbagai Meetup

Kamu bisa mencari info lowongan kerja terbaru di Bali melalui teman sepergaulan. Orang Bali lebih memilih temannya untuk bekerjasama dibandingkan orang asing. Oleh karena itulah kamu disarankan untuk menjadi freelancer terlebih dahulu. Ketika mencari pekerjaan tetap, kamu bisa tanyakan melalui orang yang dikenal saat menjadi freelancer. Ikutlah berbagai acara meet up agar pergaulan kamu menjadi lebih luas dan berkesempatan untuk bekerja di salah satu tempat yang gajinya lumayan besar. Jadi, sekian penjelasan mengenai tips mencari lowongan kerja di Bali. Semoga kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang layak di sana.

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply