Mahasiswa

Oseanografi, Jurusan kuliah untuk anak IPA yang Keren!

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
jurusan kuliah untuk anak ipa

Adakah kamu pernah mendengar tentang jurusan oseanografi dari macam-macam jurusan kuliah yang ada? Mungkin banyak dari kamu yang tidak pernah mendengar atau mengetahui mengenai jurusan ini sebelumnya karena memang tidak banyak perguruan tinggi yang menawarkan jurusan ini. Padahal jurusan oseanografi adalah salah satu jurusan kuliah untuk anak IPA yang keren. Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswa dari jurusan ini, artikel di bawah ini akan memberikan kamu informasi yang membantu tentang jurusan oseanografi.

Mengenal tentang jurusan oseanografi

Oseanografi, sesuai dengan namanya yang tertera, pastinya jurusan ini akan membicarakan mengenai kelautan (osean). Ya, jurusan yang tidak banyak ditawarkan di banyak universitas ini menawarkan para mahasiswa pengetahuan mengenai berbagai fenomena laut yang sangat berfungsi untuk diaplikasikan ke berbagai bidang. Adapun bidang-bidang yang membutuhkan pengetahuan oseanografi adalah bencana laut, rekayasa, perikanan, serta mitigasi bencana. Sebagai mahasiswa oseanografi, nantinya kamu akan diminta untuk mengamati fenomena kelautan dan seluruh aspek yang berhubungan dengan laut. Fenomena-fenomena tersebut bisa berupa kondisi air laut, kehidupan biota laut, serta bencana alam yang biasa terjadi di laut.

Ilmu yang dibutuhkan

Sebelum kamu memasuki lebih jauh mengenai salah satu jurusan kuliah untuk anak IPA ini, kamu harus memahami bahwa kamu memerlukan beberapa pengetahuan dasar agar bisa berhasil belajar dan berkembang di dalam jurusan oseanografi. Adapun beberapa ilmu dasar yang kamu butuhkan adalah ilmu fisika, biologi, kimia, serta geologi. Semua ilmu pengetahuan dasar ini akan membantu kamu dalam memahami fenomena laut yang sedang kamu amati. Tidak hanya fenomena laut saja, namun juga biota serta sumber daya laut yang nantinya bisa dimanfaatkan serta dimaksimalkan potensinya, seperti perikanan.

Jika kamu telah memiliki beberapa pengetahuan dasar tersebut, maka kamu juga akan lebih mudah dalam memahami beberapa mata kuliah yang ditawarkan di jurusan ini. Adapun beberapa mata kuliah tersebut adalah komputasi oseanografi, oseanografi kimia, selam dan navigasi lautan, dinamika gelombang panjang, manajemen pesisir, dan lain sebagainya.

Prospek kerja

Salah satu alasan untuk memilih jurusan oseanografi sebagai tujuan kamu adalah prospek kerjanya yang bagus. Sebagai salah satu anak bangsa dari negara kepulauan Indonesia, negara ini masih sangat membutuhkan tenaga kerja yang memang ahli di bidang kelautan. Oleh karena itu, lulusan oseanografi masih sering dicari oleh berbagai instansi baik pemerintahan maupun swasta untuk meneliti potensi kelautan yang dimiliki oleh bangsa ini. Tidak hanya sampai di situ saja, lulusan oseanografi juga bisa bekerja menjadi tenaga pengajar di beberapa kampus di Indonesia yang menawarkan jurusan ini. Ada banyak peluang untuk sukses berkarier menjadi seorang oseanografer, sehingga apa yang membuatmu tidak memilih oseanografi sebagai salah satu jurusan kuliah untuk anak IPA?

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply