Mahasiswa

Jurusan yang paling Banyak Dicari Di Dunia Kerja, Apa Saja?

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
jurusan yang paling banyak dicari di dunia kerja

Bingung mencari jurusan kuliah setelah lulus dari bangku SMA? Ada baiknya kamu mencari jurusan yang paling banyak dicari di dunia kerja. Hal tersebut karena berbagai faktor salah satunya adalah semakin ketatnya para pesaing untuk mendapatkan pekerjaan. Berikut beberapa jurusan yang memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat adalah sebagai berikut

1. Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Salah satu jurusan yang cukup diminati meski tidak terlalu populer. Jurusan teknik perminyakan dan pertambangan memiliki nilai peluang kerja yang tinggi karena sebagai besar wilayah Indonesia memiliki tambang dan minyak.

Gaji yang diterima oleh orang yang bekerja di perusahaan minyak dan tambang juga dinilai tinggi. Oleh sebab itu jurusan ini mulai dilirik banyak orang.

2. Teknik Informatika

Semakin berkembangnya zaman maka dunia digital dan informatika tentu berkembang dengan pesat. Beberapa perusahaan dalam dan luar negeri membutuhkan lulusan teknik informatika untuk kebutuhan pemahaman sistem, kebutuhan konsumen, dan memahami perkembangan trend dari masa ke masa.

3. Matematika, Bisnis dan Akuntansi

Buat kamu yang suka dengan dunia hitung menghitung bisa memilih jurusan matematika, bisnis, ataupun akutansi. Pasalnya, permintaan tenaga kerja profesional akuntansi meningkat hampir setiap tahun dan kabarnya hingga tahun 2022 mendatang permintaan untuk lulusan jurusan ini akan meningkat sampai dengan 40%.

4. Psikologi dan Kesehatan

Salah satu jurusan yang memiliki peluang kerja tinggi adalah bidang kesehatan ataupun seorang psikolog. Mengapa demikian? Populasi manusia semakin banyak, tenaga kesehatan akan dibutuhkan untuk membantu dalam bidang melahirkan, mengobati penyakit dan masih banyak lagi.

Kepadatan populasi, masalah yang dihadapi dan faktor lainnya menyebabkan orang merasa depresi dan stress. Mereka membutuhkan seorang psikolog untuk membantu pasien sembuh dari penyakit mentalnya. Tidak jarang juga beberapa perusahaan membutuhkan seorang psikolog. Oleh karena itu, jurusan psikolog termasuk dalam kategori jurusan yang paling banyak dicari di dunia kerja.

5. Hukum

Sejak dahulu jurusan hukum tetap menjadi favorit banyak orang. Jurusan hukum bisa dipakai di mana saja baik lembaga pemerintahan atau perusahaan swasta. Lulusan jurusan hukum juga bisa menjadi pengacara sukses.

6. Guru

Banyak macam-macam jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja tinggi, salah satunya jurusan keguruan. Jurusan keguruan dinilai mudah mendapatkan pekerjaan sebab beberapa lembaga pendidikan baik formal ataupun informal membutuhkan tenaga pengajar untuk membantu peserta didik dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.

Selain itu bagi sebagian masyarakat menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang mulia. Semua jurusan sama bagusnya ketika kamu menjalankan kuliah dengan sungguh-sungguh. Mendapatkan nilai yang bagus dan juga mampu memahami penerapannya ketika di lapangan pekerjaan nanti merupakan tujuan utama. Ada baiknya berpikir lagi mana yang akan kamu jalani sesuai dengan kata hati agar kamu nyaman menjalankan kelas perkuliahan tanpa beban. Pilihlah jurusan kuliah yang banyak dicari di dunia kerja dengan pemikiran yang matang jika masih ragu, kamu bisa meminta opini orang tua ataupun orang tercinta.

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply