Mahasiswa

3 Pentingnya Organisasi Bagi Mahasiswa Saat Ini!

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
pentingnya organisasi bagi mahasiswa

Pada saat kamu memasuki dunia perkuliahan maka Kamu akan memasuki dunia yang benar-benar berbeda dari dunia sekolah, dunia perkuliahan menuntut Kamu untuk menjadi lebih dewasa, lebih kreatif dan ekspresif dalam mengembangkan diri. Selain mata kuliah yang harus Kamu ikuti sesuai jadwalnya, ada banyak organisasi yang bisa Kamu ikuti sesuai dengan minat dan bakat yang Kamu miliki. Namun mengenai partisipasi dalam organisasi ini ada pro dan kontra, dengan banyaknya tugas yang menanti seorang mahasiswa, maka ada yang menganggap bahwa mengikuti organisasi hanya menyita waktu, namun di sisi lain ada banyak faktor pentingnya organisasi bagi mahasiswa yang kelak akan bermanfaat bagi Kamu di masa yang akan datang. 

  1. Memberikan Keseimbangan Skill Yang Dimiliki

Pada saat Kamu belajar di dalam kelas maka Kamu akan mempelajari sejumlah teori yang akan membantu Kamu saat bekerja kelak. Dengan adanya teori yang didapat di kelas maka bisa membentuk hard skill yang Kamu miliki. Namun percayalah bahwa saat Kamu mencari info lowongan kerja terbaru dan mendapatkan pekerjaan, maka hard skill saja tidak akan cukup. Kamu juga akan membutuhkan soft skill atau kemampuan bersosialisasi dan manajemen diri serta orang lain yang hanya bisa Kamu dapatkan saat Kamu berorganisasi. Ketika Kamu berorganisasi, Kamu akan bertemu dengan lebih banyak orang dan pada saat itulah soft skill yang Kamu miliki akan semakin terasah.

  1. Memperluas Pertemanan Kamu

Biasanya dalam organisasi Kamu tidak hanya akan bertemu dengan teman-teman satu jurusan saja, namun bisa jadi bertemu dengan teman-teman dari prodi lain atau bahkan dari fakultas lain. Nah ini juga bisa menjadi salah satu keunggulan pentingnya organisasi bagi mahasiswa. Mempererat tali silaturahmi bisa membawa banyak rezeki, maka dari itu memperluas pertemanan Kamu juga tentunya akan membawa banyak keuntungan untuk Kamu,  tidak hanya rezeki dalam bentuk uang, karena rezeki itu bisa berbentuk apa saja. Selain itu pada saat organisasi yang Kamu ikuti membuat sebuah acara yang berskala besar, Kamu juga akan berkesempatan untuk bertemu para pejabat daerah atau mungkin orang-orang penting lainnya.

  1. Menjadi Tempat Mengembangkan Minat Dan Bakat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa saat Kamu mengikuti organisasi biasanya Kamu akan memilih organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat yang Kamu miliki, sehingga dengan berkumpul bersama dengan teman-teman lain yang memiliki minat dan bakat yang sama akan menjadi kesempatan bagi Kamu untuk lebih mengembangkan bakat dan minat Kamu tersebut. Bahkan bisa jadi nantinya karena pengalaman di organisasi yang Kamu dapatkan itu membuat Kamu suatu saat bisa bekerja di bidang yang Kamu sukai tersebut. Jadi sebenarnya ada banyak sekali pentingnya organisasi bagi mahasiswa.

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply