Ekonomi

Apa yang Dimaksud dengan UKM? Kamu Perlu Tahu Nih!

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
apa yang dimaksud dengan ukm

Kamu pasti sudah sering kali mendengar tentang UKM bukan? Sebenarnya apa yang dimaksud dengan ukm? Apakah Kamu sudah mengerti benar apa pengertian dari UKM? UKM adalah singkatan dari Usaha Kecil Menengah. Keberadaan UKM untuk Negara sangatlah penting, sebab dengan adanya UKM maka perekonomian Negara bisa berkembang. Untuk mengenal lebih jauh mengenai UKM maka di bawah ini ada penjelasan yang lebih mendalam mengenainya :

Pengertian UKM

UKM adalah sebuah usaha kecil menengah yang bukan bagian dari perusahaan manapun dan biasanya dikembangkan oleh perseorangan. Perbedaan antara usaha kecil dan menengah adalah pada usaha kecil biasanya omset yang didapatkan di bawah 300 juta dengan jumlah karyawannya sekitar 20 orang, sedangkan usaha menengah diidentifikasikan sebagai usaha dengan omset 500 juta rupiah dengan jumlah karyawannya sekitar 30 orang. Ada banyak sekali usaha yang tadinya hanya merupakan usaha kecil kemudian berkembang menjadi usaha menengah hingga akhirnya menjadi usaha besar yang berskala nasional hingga merambah ke mancanegara. Maka dari itu jika saat ini Kamu sedang merintis sebuah usaha, semangatlah hingga akhirnya usaha Kamu bisa berubah menjadi sebuah usaha yang besar dan menjanjikan. Pada saat ini Kita tidak hanya bisa mengandalkan info lowongan kerja terbaru, namun Kamu harus bisa lebih kreatif dan membangun sebuah usaha. Berdasarkan usaha yang dikembangkannya ada beberapa jenis UKM yang akan dibahas pada penjelasan selanjutnya. 

Jenis UKM

Setelah membaca tentang penjelasan apa yang dimaksud dengan ukm tentunya kini Kamu sudah lebih mengerti tentang pengertian UKM dengan sejelasnya. Kini saatnya Kamu juga mengetahui tentang beberapa jenis UKM berdasarkan apa saja pengembangan usaha yang dilakukannya. 

  1. UKM Kuliner

Bisa dikatakan UKM Kuliner adalah UKM yang paling berkembang sampai saat ini, karena semua orang tentunya akan terus membutuhkan makanan dan semakin hari semakin banyak saja UKM yang kreatif dalam mengembangkan berbagai modifikasi makanan sehingga dengan demikian bisa menjadi sebuah produk yang menarik minat banyak pembeli. Namun untuk Kamu yang ingin mengembangkan UKM Kuliner, ada banyak hal yang bisa Kamu kembangkan saat hendak berjualan kuliner, mulai dari pemilihan produk sampai pengemasan bisa Kamu buat dengan semenarik mungkin.

  1. UKM Fashion

Selain UKM Kuliner, UKM Fashion termasuk salah satu UKM yang banyak sekali berkembang saat ini, sebab UKM ini juga bisa dilakukan tanpa modal dengan cara reseller atau menjualkan produk fashion dari distributor yang lain. 

  1. UKM Kerajinan

Ada juga UKM kerajinan yang memiliki pangsa pasar yang cukup berkembang. Jika Kamu bisa terus mengembangkannya bisa jadi kerajinan yang Kamu buat bisa dikirim sampai ke luar negeri.  Dari beberapa jenis UKM yang disebutkan itu maka bisa menambah pemahaman Kamu tentang apa yang dimaksud dengan UKM. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply