Mahasiswa

5 Manfaat Lulus Kuliah S1 Tepat Waktu

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
kuliah s1 berapa semester

Untuk kamu yang akan menginjakkan kaki ke jenjang perguruan tinggi alias jenjang kuliah, terutama kuliah S1 alias sarjana, kamu mungkin juga ingin tahu soal kuliah S1 berapa semester. Pertimbangannya bisa jadi sangat beragam, misalnya statusmu sebagai seorang anak pertama atau anak tunggal dengan orang tua yang sudah lanjut usia, sehingga kamu harus segera bekerja agar bisa menopang perekonomian keluarga.

Lalu, kuliah S1 berapa semester, sih? Saat ini, kuliah S1 bisa diselesaikan dalam 7-8 semester, atau 3,5-4 tahun. Sebagai perbandingan, aturan terkini mewajibkan mahasiswa agar bisa menyelesaikan kuliah dalam maksimal 5 tahun atau 10 semester. Tapi, kamu mungkin juga sering mendengar tentang orang-orang yang lulus kuliah S1 lebih lama, bahkan sampai 7 tahun, atau lebih.

Jadi, kuliah S1 berapa semester? Dengan lulus kuliah tepat waktu tentunya lebih bermanfaat, lho! Karena dengan lulus tepat waktu, kamu bisa menikmati hal-hal berikut ini.

  1. Bisa segera berkarir

Baik kamu yang ingin bekerja di perusahaan impian lewat info lowongan kerja terbaru atau menjalankan bisnis sendiri, lulus tepat waktu berarti kamu bisa segera meneruskan langkahmu ke tahap berikutnya dalam usahamu mencapai cita-cita. Kalau kamu lulus dalam 4 tahun, dan kamu masuk kuliah di usia 18-19 tahun, artinya kamu bisa lulus di usia 22-23 tahun, yang merupakan masa produktif untuk berkarir.

2.    Lebih leluasa melakukan apapun yang kamu mau

Sudah jadi sarjana dan sudah mulai berkarir berarti kamu sudah dipandang sebagai “orang dewasa” di mata masyarakat Indonesia. Karena itu, kamu bisa lebih leluasa melakukan hal-hal yang selama ini ingin kamu coba, seperti traveling ke luar negeri, memberikan hadiah yang wah untuk orang tua, atau bahkan renovasi rumah, yang pastinya bisa kamu lakukan dengan gajimu sendiri.

3.    Lebih mudah mendapatkan beasiswa untuk sekolah lagi

Selain bekerja, kamu juga bisa memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, termasuk di luar negeri untuk menempuh pendidikan program master (S2), atau bahkan doktoral (S3). Dan makin cepat kamu lulus, makin cepat kamu bisa menyelesaikan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi agar kamu juga bisa segera bekerja.

4.    Menghemat biaya kuliah

Pastinya, makin cepat kamu lulus kuliah, kamu juga bisa menghemat biaya kuliah. Apalagi untuk kamu yang berasal dari luar kota sehingga kamu harus kos atau kontrak rumah selama kuliah. Karena selain menghemat uang semesteran, kamu juga bisa menghemat biaya hidup dengan lulus kuliah tepat pada waktunya.

5.    Ada rasa bangga

Sebagai anak, kamu tentu ingin membuat orang tua dan keluargamu bangga, kan? Dan setelah membuat mereka bangga dengan menyandang status sebagai mahasiswa di kampus idaman, kamu bisa terus membuat orang tuamu bangga dengan memiliki status sebagai sarjana dan lulus tepat pada waktunya. Kamu juga pasti akan merasa bangga juga, dan merasa seluruh perjuanganmu tak sia-sia, kan

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply