Mahasiswa

4 Persiapan Sebelum Magang di Luar Negeri

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
magang di luar negeri

Jalan-jalan ke luar negeri menjadi impian hampir semua orang. Namun bedanya ada yang bekerja sambil liburan di sana seperti peserta magang di luar negeri. Tunggu dulu, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum mendaftar magang ke luar negeri. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  1. Cari Perusahaan yang Pas

Luar negeri adalah tempat yang jauh dari negara asal. Meskipun luar negeri yang kamu maksud adalah Malaysia alias tetangga negara Indonesia, namun tetap dikatakan jauh karena dibutuhkan paspor ketika menyeberangi perbatasan kedua negara. Oleh karena itu pastikan kamu tidak sia-sia menjadi pekerja magang di sana dengan cara mencari perusahaan yang pas.

Carilah perusahaan yang sesuai dengan preferensi yang kamu miliki, serta pastikan pula jika perusahaan tersebut sedang membuka lowongan untuk para peserta magang. Jika kamu memiliki pengalaman magang maka akan mudah diterima di perusahaan lainnya ketika melamar pekerjaan. Hubungi perusahaan yang tepat dan jelaskan kontribusi apa saja yang bisa kamu berikan sebagai peserta magang di sana. Info lowongan kerja terbaru juga bisa kamu lihat di beberapa situs resmi perusahaan maupun situs khusu pencari kerja.

  1. Lengkapi Dokumen

Namanya saja magang di luar negeri, sudah pasti kamu membutuhkan dokumen yang lengkap agar bisa menyeberang perbatasan negara lain. Dokumen penting yang harus kamu lengkapi ialah paspor yang masih berlaku. Setidaknya pastikan jika paspor kamu aktif hingga 6 bulan ke depan. Kemudian jangan lupa untuk mengurus visa yang khusus diberikan kepada calon pemagang di luar negeri. Seluruh dokumen tersebut harus sudah siap sebelum kamu berangkat.

  1. Siapkan Tabungan

Magang di negara asing memang menyenangkan, tapi biaya yang dibutuhkan untuk bertahan hidup di sana itu lebih besar. Meskipun ada sebagian besar perusahaan yang memberikan uang saku serta fasilitas akomodasi, kamu tetap harus memiliki tabungan pribadi. Oleh karena itu sebelum berangkat magang ke sana, kamu harus memastikan apa saja fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan tempat kamu magang. Kemudian pertimbangkan kondisi keuanganmu untuk membiayai fasilitas yang di luar tanggung jawab perusahaan.

Mudahnya menjadi pemagang adalah kamu bisa mendapatkan beasiswa khusus magang. Sumber pendanaan ini banyak diharapkan oleh pemagang di luar sana agar hidupnya tetap berkecukupan. Setidaknya tidak kelaparan ketika di negara orang.

  1. Siapkan Barang Bawaan

Saat kamu sudah mantap untuk berangkat, maka jangan lupa untuk mempersiapkan barang bawaan. Pastikan kamu membawa segala perlengkapan yang dibutuhkan di sana. Hindari membawa barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Jika kamu pergi ke negara yang memiliki empat musim, bawalah pakaian yang sesuai dan tepat, jangan sampai kamu kedinginan atau bahkan kepanasan di sana disebabkan oleh salah kostum. Bawalah beberapa baju formal untuk persiapan apabila ada kegiatan formal di tempat magang.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk magang di luar negeri?

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply