Mahasiswa

5 Contoh Ampuh Motivasi Mengikuti Kepanitiaan Untukmu

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
contoh motivasi mengekuti kepanitiaan

Kegiatan kepanitiaan tentu sangat banyak dilakukan oleh pelajar maupun mahasiswa. Manfaat dari kegiatan tersebut adalah kamu bisa menemukan banyak hal baru untuk dijadikan pelajaran, baik dari segi sosial maupun alam. Ketika bergabung dalam sebuah organisasi atau kegiatan maka kamu akan ditanyakan mengenai motivasi. Bagi yang kurang paham, berikut 5 contoh motivasi mengikuti kepanitiaan.

  1. Melatih Kepemimpinan

Kamu pasti sering mendengar bahwa mengikuti kegiatan organisasi dapat melatih jiwa kepemimpinan. Hal tersebut tidak salah karena ketika kamu bergabung dengan sebuah organisasi maka jiwa pemimpin kamu akan dipupuk sejak dini. Kamu akan dididik menjadi sosok yang bertanggung jawab dalam berbagai hal seperti keagamaan dan lain sebagainya. Kamu akan ikut melatih diri serta anggota untuk aktif dalam bidang keagamaan. Dari sanalah kamu bisa belajar mengenai bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan benar sehingga disenangi oleh anggotanya.

  1. Mengembangkan Kemampuan Public Speaking

Kamu tidak terlalu percaya diri untuk mengemukakan pendapat atau berpidato di depan banyak orang? Nah, kamu bisa melatih diri untuk lebih percaya diri berbicara di depan banyak orang jika ikut kegiatan organisasi. Hal tersebut disebabkan interaksi yang kamu jalin sesama anggota organisasi dan seringnya pengadaan acara yang melibatkan banyak orang dari tempat berbeda. Ditambah lagi jika kamu aktif menjadi panitia, lambat laun kamu akan merasa terbiasa dengan kemampuan bicara di depan khalayak ramai. Ini termasuk contoh motivasi mengikuti kepanitiaan. Kamu juga bisa mencari info lowongan kerja terbaru melalui rekan satu organisasi.

  1. Melatih Kerjasama Tim

Ketika kamu mengikuti kegiatan kepanitiaan maka kamu akan diajarkan untuk mampu bekerjasama dengan teman satu tim. Kamu dididik untuk menjadi pribadi yang sosialis sehingga harus berinteraksi dengan banyak orang termasuk tim. Manfaatnya kamu bisa bekerjasama dengan anggota kelompok untuk pelaksanaan sebuah kegiatan sehingga harus benar-benar kompak dan saling menghargai satu sama lain. Apabila anggota tim tidak kompak maka bisa dipastikan hasil kerja tim tidak memuaskan. Kerjasama dengan tim ini nantinya dibutuhkan ketika kamu melamar pekerjaan. Kamu pasti tahu bahwa melakukan pekerjaan sebuah perusahaan harus mampu menjalin hubungan dengan rekan satu profesi.

  1. Meningkatkan Daya Pikir

Mustahil jika kamu tidak mau berpikir kreatif jika diberikan kepercayaan untuk bertanggung jawab pada satu kegiatan yang ada dalam organisasi. Kamu akan dipaksa untuk bisa berpikir sekreatif mungkin agar kegiatan tersebut berjalan lancar bagaimanapun caranya. Dari sanalah kamu akan berusaha untuk meningkatkan daya pikir sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

  1. Membagi Waktu

Jika ikut dengan kegiatan kepanitiaan kamu harus mampu membagi waktu antara pekerjaan dan organisasi. Apalagi kamu masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa di mana harus ada waktu luang untuk mengikuti kegiatan organisasi. Itulah beberapa contoh motivasi mengikuti kepanitiaan

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply