Mahasiswa

5 Cara Menentukan Topik Skripsi dengan Mudah

Written by Mahar Dika
· 2 min read >
cara menentukan topik skripsi dengan mudah

Cara menentukan topik skripsi dengan mudah – Skripsi adalah salah satu tugas akhir yang harus diselesaikan oleh para mahasiswa yang mengambil S1. Pada mata kuliah yang satu ini, mahasiswa memang dituntut untuk bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari dan membuatnya terfokus dalam satu pembahasan dengan melakukan berbagai penelitian dan beberapa riset. Namun, banyak sekali mahasiswa yang awalnya saja sudah galau dengan judulnya. Oleh karena itu, buat kamu yang juga bingung di sini akan dibahas mengenai cara menentukan topik skripsi dengan mudah agar kamu tidak bingung lagi. Berikut penjelasannya :

1. Mulailah dengan Penjelajahan dalam Dirimu Sendiri untuk Mencari Judul Skripsi yang Sesuai dengan Minat

Cara menentukan topik skripsi dengan mudah yang pertama adalah dengan melihat diri kamu sendiri. Maksudnya ? Coba sejenak untuk duduk di depan meja belajarmu, dan ambil secangkir kopi atau cokelat panas dan coba pikirkan di mana sebenarnya minat kamu selama kuliah ini, coba deh flashback lagi kelas apa yang paling kamu suka dan paling mudah kamu paham ?

Tanyakan pada dirimu apa sih minat dari kuliah kamu ? Kamu bisa memilih salah satu topik dari bidang salah satu kelas yang kamu ambil yang sekiranya kamu menguasainya. Karena dengan penguasaan yang baik maka saat pengujian pun kamu akan lebih percaya diri.

2. Jangan Segan untuk Pergi Ke Perpustakaan dengan Melihat Beberapa Skripsi dari Senior yang Lebih Dahulu Lulus

Masih belum mendapatkan ide ? Yuk mulai bersiap-siap ke perpustakaan ! jangan lupa untuk membawa catatan, bisa menggunakan buku atau menggunakan ponsel.  Langkahkan kakimu ke perpustakaan, bisa sendiri atau bersama teman. Di Perpustakaan biasanya banyak sekali hasil skripsi dari kakak senior kamu yang terpampang nyata bukan ?

Coba cari beberapa judul yang sekiranya sangat pas dengan minat akademik kamu. Kamu juga bisa melihat-lihat hasil skripsi kakak tingkat yang pembimbingnya sama dengan pembimbing kamu. Bisa dilihat dari model judul, tema, penulisan, dan lain sebagainya. Catat yang penting dan apa yang bisa kamu dapatkan dari penjelajahan perpustakaan tersebut, dan mulai kembangkan ide.

3. Coba Kontak dengan Senior Kamu dan Coba Melakukan Diskusi Ringan, Mungkin Bisa Menjadi Ide Judul Skripsi yang Bagus

Sudah ketemu beberapa hasil skripsi kakak tingkat tapi masih belum juga bisa menemukan ide ? Jika kamu punya kontak kakak tingkat kamu yang buat skripsi incaran tersebut bisa banget loh kamu kontak terlebih dahulu. Coba cari nomor telepon atau WhatsApp-nya lalu kamu bisa melakukan beberapa diskusi ringan, siapa tahu kakak tingkat kamu bisa memberikan ide yang cemerlang. Kamu juga bisa bertanya karakteristik dosen pembimbing kamu dalam menerima judul serta tema skripsi itu seperti apa.

4. Kamu Bisa Membaca Berbagai Jurnal dan Buku untuk Mendapatkan Inspirasi sekaligus Bisa Menjadi Referensi Daftar Pustaka yang Akan Kamu Buat

Ke perpustakaan, jangan Cuma membaca hasil skripsi kakak tingkat saja, coba cari literator seperti buku atau jurnal. Kamu bisa membaca beberapa judul dari buku atau jurnal yang sesuai dengan minat akademis.

Bisa jadi, kamu akan mendapatkan ide yang bagus dari beberapa literator tersebut. Tidak hanya di perpustakaan saja, kamu bisa juga mencari di internet atau di berbagai sumber berita. Nah, berbagai literator tersebut bukan hanya berguna untuk judul saja, literator tersebut bisa kamu manfaatkan untuk daftar pustaka.

Kesimpulan dan Penutup

Dari beberapa cara yang telah dituliskan di atas maka bisa disimpulkan bahwa semua ide untuk mendapatkan judul yang mudah bisa didapatkan dari mana saja, bisa dari diri sendiri, senior, dan juga beberapa literator agar wawasan bisa lebih luas dan akhirnya bisa memilih judul yang tepat.

Tidak hanya mengetahui cara menentukan topik skripsi dengan mudah saja. Namun, kamu juga harus berani untuk menentukan beberapa judul yang menurutmu pas. Jadi, jangan takut untuk mencoba beberapa judul apabila kurang tepat pasti akan dikoreksi oleh pembimbing kamu. Jadi, kamu juga harus rajin melakukan konsultasi agar cepat selesai.

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply