VUCA “Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity merupakan salah satu istilah yang awalnya digunakan untuk para anggota militer di Amerika Serikat yang menggambarkan suatu situasi geopolitik yang pada saat itu terjadi. Namun, nama dan makna tersebut malah sesuai dengan apa yang dihadapi oleh dunia bisnis saat ini sehingga banyak yang menggunakannya sebagai gambaran bisnis di masa sekarang.

VUCA “Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity secara tidak langsung menjadi suatu tren baru yang harus dipahami oleh banyak pebisnis sehingga tidak kalah berjuang di era tersebut. Bagi Kamu yang sedang ingin melakukan bisnis atau memang sudah menjalankannya akan lebih baik jika mengetahui apa itu VUCA :

Volatility (Perubahan)

Singkatan V dalam VUCA artinya adalah Volatility yang memiliki arti singkat sebuah perubahan. Perubahan yang seperti apa yang dimaksud ? Yaitu perubahan yang sangat cepat terjadi dan juga sangat rentan membuat bisnis kamu menjadi terancam. Keadaan pasar saat ini memang sangat berbeda dengan pasar yang dahulu kita rasakan, banyak perubahan yang mendadak sehingga harus dipersiapkan dengan matang.

Misalnya, saat kamu sedang membuat bisnis di bidang restoran makanan Italia. Saat pertama buka mungkin akan banyak sekali yang mengunjungi restoran kamu. Namun, ternyata banyak pesaing yang melihat celah usaha kamu dan akhirnya banyak berdiri restoran Italia sehingga pelanggan banyak yang beralih tempat.

Uncertainty (Ketidakpastian)

Selanjutnya U dalam VUCA adalah Uncertainty atau di dalam bahasa Indonesianya adalah ketidakpastian. Pasar semakin tidak bisa diprediksi dengan baik. Kamu pasti akan merasakan susahnya menebak keinginan pasar sehingga kamu malah terjebak dalam keadaan yang tidak pasti dan malah bingung sendiri harus bagaimana lagi.

Salah satunya adalah Seven Eleven. Siapa yang tidak kenal dengan salah satu toko retail ini ? tempat yang sangat nyaman untuk nongkrong bersama dengan teman dan juga menyediakan berbagai komoditas ini terpaksa harus menutup perusahaannya sebab mereka tidak bisa memprediksi kemauan pasar, ya… memang sangat tidak bisa ditebak, dan pada akhirnya mereka pun terpaksa gulung tikar.

Complexity (Kompleksitas)

C dalam VUCA artinya adalah Complexity atau kompleksitas. Apa sih yang kompleks ? Yang kompleks atau lengkap adalah kerumitannya. Hal ini biasa terjadi pada pengambilan keputusan yang mana harus memperhitungkan dengan sangat matang dan harus mempertimbangkan berbagai aspek dalam berbisnis. 

Kamu harus menghadapi banyak sekali hal dalam berbisnis seperti kehadiran teknologi yang canggih, kompetisi bisnis dari banyaknya kompetitor, situasi politik, pola perilaku konsumen, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam membuat produk menjadi lebih menarik pun perlu berbagai pertimbangan, sebab slogan “asal bermanfaat pasti laku” tidak begitu berguna saat ini, selain berguna harus disertai dengan kemasan yang bagus dan aspek lainnya.

Ambiguity (Ketidakjelasan)

Dan yang terakhir adalah A dalam VUCA yang artinya adalah Ambiguity atau ketidakjelasan atau kerancuan. Hal ini biasa terjadi seperti saat kita melakukan pekerjaan yang sama antara dahulu dan sekarang ternyata hasilnya pun akan berbeda. Ternyata cara yang dahulu bisa diterapkan, tidak bisa lagi diterapkan dalam masa yang sekarang.

Contoh dari kerancuan ini misalnya adalah dengan kehadiran bus malam serta kereta malam. Kedua jenis transportasi ini sama-sama melakukan perjalanan saat malam. Dahulu mungkin bis malam menjadi pilihan yang terbaik akan tetapi setelah kehadiran kereta malam menjadi lebih berkurang padahal pihak bis malam juga telah melakukan hal yang sama seperti dahulu.

Kesimpulan dan Penutup

Jadi dari beberapa penjelasan diatas VUCA ini adalah salah satu tantangan dalam bisnis. VUCA “Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity” bisa juga menjadi gambaran dari kondisi bisnis yang terjadi pada masa kini. Volatility bisa dijelaskan sebagai perubahan dinamika yang sangat cepat seperti sosial dan ekonomi. Uncertainty merupakan keadaan yang tidak jelas dan sulit diprediksi, Complexity artinya masalah yang sangat kompleks atau lengkap, dan Ambiguity yang didefinisikan sebagai beban yang berat karena ketidakjelasan. Banyak organisasi dan bisnis yang berjuang untuk menghadapi era VUCA ini. semoga informasi yang ada di atas bermanfaat.