Tips Menulis Akademik – Tulisan akademik merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan yang harus dimiliki setiap siswa. Dunia akademik tidak diragukan lagi menjadi salah satu yang paling kompetitif serta kemampuan untuk mengkomunikasikan ide-ide dengan benar dapa menjadi nilai plus di mata penguji. Inilah beberapa tips agar tulisan kamu dapat mengesankan profesor, rekan, dan bahkan saat dipublikasikan.

1. Menentukan Topik Penelitian

Setiap tulisan akademik perlu penelitian menyeluruh sebelum memulai. Kamu perlu mengkompilasi dan memperluas materi penelitian dengan menambahkan karya sendiri ke didalamnya. Ini adalah cara untuk menghasilkan makalah yang informatif dan segar yang dapat mengesankan bagi pembimbingmu.

2. Hindari Menulis Dengan Bahasa Sastra

Bahasa yang terlalu berbunga-bunga atau memiliki analogi dan metafora yang berlebihan dapat mengurangi efek dari poin – poin yang ingin disampaikan pada hasil tulisan. Bahasa yang cocok untuk tulisan akademik dengan pokok materi yang ringkas, jelas, dan langsung ke intinya menjadikan tulisan lebih berbobot.

3. Langsung Ke Inti Pembahasan

Poin pertama dari karya ini harus memberikan garis besar menyeluruh tentang apa yang diharapkan pada seluruh makalah. Ini merupakan langkah pertama menuju untuk membangu struktur makalah yang dapat dijadikan dasar untuk menuju ke topik utama. Kamu dapat menambahkan abstrak singkat untuk tujuan ini yang dapat merangkum semua isi yang ada pada makalah dalam dua atau tiga paragraf pendek.

4. Mengecek Kembali Poin – Poin Gagasan

Salah satu strategi penulisan terbaik yakni mulai dengan pernyataan sebuah masalah dan kemudian menguraikan bukti yang mendukung untuk pernyataan itu. Sampaikan hipotesis dengan argumen yang valid dan dengan cara itu kamu akan dapat menghasilkan tulisan yang persuasif dan meyakinkan.

5. Memberikan Informasi Ke Pembaca

Karya akademik dibuat sedemikan rupa untuk memberitahukan informasi kepada para pembaca. Dalam menulis akademik berbeda dengan cara menulis pada blog. Perspektif yang dihasilkan harus informatif sedemikian rupa sehingga dapat memberi tahu audiens tentang pokok permasalahan apa yang ingin dikaji dan dihasilkan.

6. Memahami Tingkat Pendidikan Pembaca

Penulisan akademik dimaksudkan untuk orang-orang yang berpengetahuan luas dan berpendidikan tinggi yang sudah memiliki cukup pengetahuan tentang topik tersebut. Pastikan kamu memberikan deskripsi mendalam tentang materi karya makalahmu. Berkonsentrasilah pada topik utama dengan menambahkan informasi yang valid untuk memperkuat tulisan kamu.

7. Tunjukkan Bakat Yang Kamu Miliki

Agar tulisan kamu dapat diterima dengan mudah, makalah akademik seperti jenis tulisan lainnya membutuhkan format dan gaya penulisan tertentu. Jadi, tunjukkan bakat menulis kamu akan tetapi tetap dengan gaya dan format yang disediakan. Hasil yang kamu dapatkan akan diapresiasi oleh pembaca tulisan kamu.

8. Mempersunting Tulisan Dengan Baik

Proses pengeditan tulisan sangat penting dalam hal penulisan akademik yang berkualitas. Pengeditan mencakup konten dan format, jadi fokuskan perhatian kamu untuk meringkan serta mengilustrasikan materi yang telah disertakan dalam makalah. Percantik kata-kata yang ada dan hilangkan kata-kata berlebih untuk memastikan bahwa poin tulisan kamu dapat tersampaikan dengan baik ke pembaca.

9. Mengoreksi Ulang Konten

Sebelum pengajuan proyek penulisan akademik ditinjau, penulis perlu hati-hati untuk menguji makalah dengan memeriksa kesalahan tata bahasa atau ejaan. Bacalah seluruh makalah kamu dengan teliti untuk memastikan bahwa tidak ada kekeliruan kecil yang ada di tulisan kamu. Kesalahan terkecil bisa diperbesar di mata penguji yang mempersulit ujian kamu.

10. Konsultasikan Makalah Kepada Pembimbing

Sebelum benar – benar melakukan ujian, pastikan untuk berkonsultasi dengan pembimbing kamu terhadap tulisan yang telah diselesaikan. Agar tulisan akademik kamu dapat diberikan saran baik oleh pemibimbing sehingga lebih percaya diri untuk melangsungkan ujian. Sehingga tulisan akademik kamu lebih bernilai di mata penguji.

10 tips ampuh menulis akademik diatas dapat kamu terapkan selama mengerjakan skripsi. Menulis akademik bukan tugas yang sangat besar, tetapi kamu harus melakukannya dengan tekun untuk menyelesaikan studi kamu. Tetap semangat dalam menulis akademik sebagai syarat kelulusan kamu untuk mendapatkan gelar pendidikan.