Mahasiswa

5 Tips Mendapatkan Pekerjaan Setelah lulus Dengan Cepat

Written by Mahar Dika
· 2 min read >
Tips mendapatkan pekerjaan setelah lulus

Tips mendapatkan pekerjaan setelah lulus – Bagi Kamu yang baru saja lulus kuliah, selamat ya! Kamu  pasti senang bisa menyelesaikan skripsi yang proses pembuatannya sangat melelahkan dan menghabiskan banyak waktu. Kini Kamu bisa beristirahat sebentar sembari menikmati masa-masa fresh graduate.   Tapi, bukan berarti perjuanganmu selesai begitu saja, karna Kamu masih harus berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak!

Sayang bukan, jika ilmu yang didapat selama Kuliah harus menguap begitu saja jika Kamu menunda-nunda waktumu untuk mencari pekerjaan? Jadi kini saatnya Kamu mulai mencari lowongan pekerjaan, namun sebelumnya ada beberapa tips  yang harus Kamu lakukan berikut ini agar Kamu bisa mendapatkan pekerjaan lebih cepat usai lulus kuliah!

1. Ketahui Pekerjaan yang Sesuai Untukmu

Mencari pekerjaan yang sesuai memang gampang-gampang susah, namun alangkah baiknya jika Kamu mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu apalagi jika memang sesuai dengan prodi yang Kamu ambil saat kuliah. 

Pastikan untuk mengetahui bakatmu, dan lingkari apa saja kemampuan yang mampu menghasilkan uang. Dari sana, Kamu bisa melihat beberapa lowongan pekerjaan yang sesuai dan pilih pekerjaan yang gajinya pun memadai. Wajar rasanya jika Kamu termotivasi sebuah pekerjaan dari jumlah gaji yang ditawarkan, apalagi jika kemampuanmu layak mendapatkan apresiasi penghasilan yang lumayan besar.

2. Bedakan Pembuatan CV Sesuai Kebutuhan

Surat lamaran pekerjaan dan CV adalah hal terpenting saat Kamu melamar pekerjaan. Nah, bagi yang merasa kebingungan cara membuat curriculum vitae yang baik, hal pertama yang harus diperhatikan ialah posisi pekerjaan apa yang Kamu ajukan. Apabila pekerjaan tersebut bersifat formal, sebaiknya Kamu tidak perlu membuat curriculum vitae yang bisa dibilang terlalu kreatif. Sebaliknya, buatlah CV secara profesional dan yang pasti Kamu telah menampilkan informasi lengkap mengenai dirimu lewat CV yang Kamu buat.

Tips mendapatkan pekerjaan setelah lulus ini sangat penting untuk diperhatikan, karena bagaimanapun pembuatan CV yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan yang Kamu incar bisa membuatmu lolos seleksi menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Selain itu, pastikan pula Kamu menggunakan kalimat formal tapi menarik untuk menarik perhatian bagian personalia di perusahaan yang kamu inginkan.

Berbeda lagi jika Kamu melamar pekerjaan di perusahaan yang mengutamakan kreativitas. Sebaiknya buat CV yang lebih kreatif, seperti desainnya yang terkesan unik sampai susunan biodata menarik. Selain itu, pastikan pula Kamu menuliskan kelengkapan biodata diri lebih detail. 

3. Jangan Gampang Tergiur Dengan Perusahaan-Perusahaan Ternama

Banyak orang yang menganggap bahwa nama perusahaan yang terkenal bisa menjaminmu mendapatkan pekerjaan yang bergaji tinggi setelah wisuda. Walaupun Kamu mendengar gosip mengenai besaran gaji yang didapatkan jika bekerja dalam posisi tertentu di perusahaan tersebut, mungkin saja kondisinya tidak sesuai seperti yang Kamu dengar.

Justru perusahaan besar biasanya mempunyai banyak peminat, inilah yang membuat perusahaan tersebut harus lebih cermat memberikan tunjangan dan gaji kepada para karyawannya. Bahkan Kamu sendiri tidak dapat menjamin jika kinerjamu bisa ikut memajukan perusahaan.

Selain itu, belum tentu juga bekerja di perusahaan biasa saja Kamu akan mendapat penghasilan yang kecil. Perusahaan kecil menengah umumnya memerlukan pekerja lebih banyak dan tak jarang mereka biasanya sanggup membayar gaji lebih tinggi.

4. Buat Alamat Email yang Profesional

Salah satu tips mendapatkan pekerjaan setelah lulus yang sering dilupakan ialah memiliki alamat email yang profesional. Jika Kamu masih menggunakan alamat email yang terkesan alay atau kurang pas jika digunakan untuk keperluan melamar kerja, sebaiknya tinggalkan. Buat alamat email dengan nama aslimu agar pihak perusahaan pun lebih gampang mengenalinya. 

Selain itu note tambahan bagi Kamu yang ingin langsung bekerja, sebaiknya pakai Gmail sebagai pilihan akun email terbaikmu dengan alamat yang profesional. Karena tidak sedikit perusahaan yang meragukan email pribadi dari platform AOL maupun Yahoo.

5. Kirim CV ke Beberapa Perusahaan

Tips mendapatkan pekerjaan setelah lulus yang terakhir ialah sebaiknya Kamu coba kirimkan CV-mu hingga ke beberapa perusahaan, sebagai plan cadangan. Mulai dari kantor atau perusahaan yang diidam-idamkan sampai perusahaan lainnya. Tidak sedikit orang yang hanya mengirimkan lamaran ke perusahaan yang diinginkan saja, padahal posisi yang mereka lamar sulit didapatkan. Inilah alasan yang membuat banyak orang sulit mendapatkan pekerjaan sesudah lulus kuliah.

Nah, itulah beberapa tips mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Satu hal yang pasti, jangan pernah menyerah apapun hasilnya nanti dan terus gali potensimu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan atau kursus untuk membuatmu lebih pantas diterima di perusahaan yang layak!

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply