Perbandingan toko online dan marketplace – Berbelanja online kini sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia. Hanya melalui koneksi internet saja,  Kamu pun bisa memilih produk apa saja yang ingin dibeli. Saat berbelanja online, Kamu akan menemukan berbagai pilihan toko online bahkan marketplace sekalipun yang skalanya lebih besar. 

Dalam bisnis e-commerce sendiri, memang menawarkan berbagai macam konsep atau sistem belanja online, diantaranya seperti marketplace dan toko online tadi. Keduanya memang menawarkan kelebihan dan kekurangan, baik bagi pembeli maupun penjualnya masing-masing. 

Konsep Toko Online

Toko online sendiri bisa dikatakan seperti toko ritel, hanya saja dioperasikan secara online atau lewat virtual. Dimana pihak penjual membeli barang dengan cara grosir lalu menjualnya kembali dengan sistem retail ke konsumen melalui internet. Untuk para penjual, Kamu tentu harus menghitung dan menyediakan stok produk yang ada sebelum mempromosikan lewat website. Dengan menjalankan bisnis toko online ini, Kamu akan mendapatkan laba kotor dari jumlah penjualan produk. Laba kotor ini tentu saja masih bisa disisihkan untuk dapat memenuhi biaya packing, pengiriman serta rincian biaya yang lainnya.

Adapun salah satu online shop tertua dan terbesar di dunia ialah Amazon, yang memiliki laba kotor hingga 20-25%. Tentu saja Amazon harus terus membuat inovasi dengan selalu melakukan update produk terbaru yang sedang tren di masyarakat. Adapun peluang sukses menjalankan online shop ini ialah dilihat dari kemahiran pemilik online shop untuk memanfaatkan teknik optimasi Search Engine Optimization atau SEO.

Konsep Marketplace

Tidak hanya mengandalkan toko online untuk mendapatkan sejumlah keuntungan di internet, salah satu pilihan untuk mendapatkan penghasilan sampingan yang minim resiko ialah dengan memanfaatkan konsep marketplace. Perbandingan toko online dan marketplace sendiri dilihat dari besarnya toko itu sendiri. Dimana jika toko online biasanya hanya mencakup barang-barang atau produk yang dijual oleh toko online tersebut dengan nama brand-nya sendiri, sedangkan marketplace ialah suatu wadah tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. 

Jika secara konvensional sendiri, konsep marketplace dapat dianalogikan seperti sebuah pasar tradisional yang mana di sana terdapat banyak penjual dan pembeli berkumpul untuk bertransaksi. Adapun penyedia marketplace sendiri berperan sebagai fasilitator untuk mewadahi pertemuan sekaligus bertransaksi legal yang terjadi antara pihak pembeli dengan penjual.

Bisa disimpulkan bahwa marketplace ialah sebuah aplikasi atau website yang bertindak sebagai fasilitator, dimana pemilik website atau aplikasi ini tidak mempunyai produk yang dijual melainkan mereka menjualkan barang milik orang lain ke para pengguna marketplace tersebut kemudian memfasilitasinya. 

Kekurangan dan Kelebihan Online Shop

Berdasarkan perbandingan toko online dan marketplace di atas, bisa dikatakan bahwa kehadiran online shop sendiri menjadi daya tarik dalam kehidupan masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang gemar beraktivitas berbelanja online di online shop. Untuk lebih jelasnya, berikut kelebihan dan kekurangan toko online :

Kelebihan Online Shop

Ada beberapa keunggulan yang bisa Kamu dapatkan jika berbelanja di online shop, diantaranya :

Kenyamanan

Toko online membuat aktivitas berbelanja menjadi lebih nyaman, Kamu tidak perlu harus berpakaian rapi jika ingin berbelanja di toko langgananmu. Kamu juga bisa mengakses web online shop tersebut kapan pun. Toko online memberikan kemudahan untuk berbelanja, bahkan Kamu tidak perlu menunggu antrian untuk membeli produk yang dibutuhkan.

Banyak Variasi

Dengan berbelanja di toko online, Kamu akan menemukan banyak produk berdasarkan kategori, mulai dari harga, merk, terfavorit, terbaru, dan lain sebagainya. 

Perbandingan Harga Terbaik

Harga produk yang ditawarkan di toko online cenderung lebih terjangkau daripada harga yang didapat dari tokonya secara fisik. Mengingat produk yang ditawarkan biasanya langsung dari penjual atau supplier tanpa perantara.

Kekurangan Online Shop

Ada beberapa kekurangan jika Kamu memilih berbelanja di toko online, mulai dari produknya yang tak sesuai dengan tampilan foto, adanya keterlambatan pengiriman, dan resiko penipuannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan marketplace

Perbandingan Toko Online dan Marketplace

Bisa disimpulkan bahwa toko online dan marketplace ialah dua platform berbeda, dimana perbedaan utamanya bisa dilihat dari perantara. Jika online shop tidak membutuhkan perantara, sedangkan marketplace sendiri berperan sebagai perantara yang akan menghubungkan antara pembeli dengan penjual. Sementara di online shop, penjual atau supplier langsung menawarkan produknya di situs toko online-nya sendiri ke pembeli.

Itulah perbandingan toko online dan marketplace yang harus Kamu ketahui. Berjualan lewat toko online memang menuntutmu lebih mandiri. Kamu harus membuat website sendiri lalu melakukan promosi di media sosial, kemudian langsung bertransaksi dengan pembeli.