Cara memaksimalkan microsoft office – Siapa yang tidak tahu Microsoft Office? Program unggulan ini selalu setia menemani hari-hari anak kuliahan hingga tugas akhir diselesaikan. Berbicara mengenai tugas akhir atau skripsi, salah satu program microsoft office yang mustahil dihindari ialah Microsoft Office Word. Microsoft Word merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat dokumen di komputer.

Tahukah kamu? Ternyata Microsoft Word juga memiliki beberapa jalan pintas yang bisa digunakan untuk memudahkan proses pembuatan dokumen lho. Agar kamu lebih paham, coba simak detail informasi mengenai 5 cara memaksimalkan penggunaan Microsoft Word agar mempercepat proses pembuatan skripsi.

“Find and Replace”

Dengan adanya fitur Find and Replace, kamu dengan mudah bisa mencari kata tertentu dan mengubahnya dengan cepat. Hanya saja, terkadang masih ada yang bingung jika fitur ini tidak bisa digunakan untuk mengubah format tulisan. Namun kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut kini bisa dilakukan dengan mudah lho. Caranya ialah dengan membuka fitur Replace yang ada pada Toolbar. Kemudian klik bagian “More”. Kemudian kamu bisa melihat dan bahkan mengubah kata maupun kalimat secara bersamaan dengan format tulisan pada Microsoft Word pada dokumen yang skripsi.

“Scrolling” cepat

Berbicara mengenai skripsi, tentuk kamu bakal dipusingkan dengan lembaran halaman yang mencapai ratusan. Tentu saja tidak mudah mengontrol semua halaman tersebut, terlebih jika kamu diharuskan mencari atau mengedit halaman tertentu saja. Misalnya, kamu memiliki jumlah halaman pada dokumen Word sekitar 200 halaman, dan kamu ingin melakukan pengeditan di halaman 70. Agar proses menuju halaman 70 lebih cepat dilakkan, kamu bisa memanfaatkan fitur scrolling. Namun ada yang lebih mudah, kamu bisa mempersingkat waktu dengan menggunakan tombol “Shift + F5” secara bersamaan sebagai shortcut. Dengan fitur ini, kamu bisa pindah ke berbagai halaman Word tanpa harus menggunakan mouse.

Fitur memasukkan link

Selanjutnya ada cara memaksimalkan microsoft office dengan menggunakan fitur memasukkan link. Ketika membuat dokumen, kamu memerlukan beberapa referensi terpercaya sebagai pendukung teori yang dimasukkan ke dalam penelitian ilmiah seperti skripsi. Nah, salah satu cara mudah menambahkan referensi ke dalam dokumen Word ialah dengan menggunakan fitur Hyperlink. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa memasukkan tautan dengan mudah, yaitu cukup klink “insert” dan pilih Hyperlink. Tapi kamu perlu nih, ada cara yang lebih efektif dan pastinya lebih cepat untuk menggunakan fitur tersebut. Caranya dengan menggunakan tombol shortcut di keyboard, cukup tekan “CTRL + K” secara bersamaan. Sedangkan untuk memasukkan tautan pada dokumen skripsi kamu, cukup blok tautan yang ingin disalin dan gunakan tombol shorcut sebelumnya. Saat muncul halaman Hyperlink, masukkan tautan dan klik OK.

Fitur mengubah ukuran kata atau kalimat

Selanjutnya ada fitur yang digunakan untuk mengubah ukuran kata atau kalimat dalam dokumen Word. Kamu bisa menggunakan jalan pintas untuk memaksimalkan penggunaan Microsoft Word, yairtu tekan tombol shortcut berupa “CTRL + Shift + A” secara bersamaan. Untuk caranya, kamu hanya perlu blok kata atau kalimat yang diinginkan dan kemudian tekan tombol shorcut yang disebutkan sebelumnya. Secara otomatis kata atau kalimat yang kecil akan menjadi kapital dan begitu pula sebaliknya. Hanya saja kamu perlu tahu jika saat fungsi ini diaktifkan, maka tulisan akan terus menjadi kapital. Untuk menghentikannya, kamu bisa menekan kembali “CTRL + Shift + A”.

Dokumen kertas portrait dan landscape bersamaan

Terakhir cara menggabungkan kertas portrait dan landscape secara bersamaan. Saat membuat skripsi, pasti kamu akan dihadapkan dengan permasalahan ini di mana lampiran-lampiran berbentuk portrait harus digabung dengan lampiran landscape. Tidak perlu khawatir karena caranya bisa dilakukan dengan mudah lho. Coba masuk ke Page Layout, masuk ke Page Setup dan pilih Margin. Kemudian klik Custom Margin dan pilih pada bagian orientation apakah ingin menggunakan versi portrait atau landscape. Jika sudah di atur, lihat bagian “Apply to” dan klik “Selected Text”. Sangat mudah bukan cara memaksimalkan microsoft office Word untuk pembuatan skripsi?