Cara membuat toko online dengan wordpress bukan lagi perkara sulit. Sebagai salah satu platform website ternama, WordPress bahkan juga menyediakan layanan pembuatan toko online secara gratis dan mudah lho. Jika kamu merupakan salah satu yang ingin menjadikan WordPress sebagai sarana promosi, maka pastikan untuk menyimak detail informasi yang berhasil kami rangkum berikut ini!

Apa itu WordPress?

Untuk kamu yang belum tahu nih, WordPress adalah salah satu platform blog yang telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk pembuatan berbagai website seperti website statis, website profil bisnis, website properti dan pastinya website toko online. WordPress begitu diminati karena cara penggunaannya yang mudah, dilengkapi fitur lengkap dan pastinya gratis. Saat ini WordPress telah dijadikan sebagai pembuatan website terbanyak di seluruh dunia.

WordPress sendiri merupakan hasil ciptaan Matt Mulllenweg dan Mike Little di tahun 2003 silam. Berdasarkan sejarahnya, pembuatan WordPress dilatarbelakangi dari penutupan software blogging bernama b2/cafeblog yang dimiliki oleh Matt dan Mike. Keduanya kemudian menginisiasi untuk pembuatan software serupa. Pada tahun 2004, kedua programmer handal tersebut berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi dasar dan terus mengalami pengembangan hingga hari ini.

Meskipun diklaim sebagai platform gratisan, bukan berarti software gratis ini lantas memberikan website murahan. Sebaliknya, bukti kualitas dari website yang dihasilkan WordPress telah terlihat dari para penggunanya selama ini. Di mana sebagian besar perusahaan ternama lebih memilih menggunakan WordPress, seperti Sony Music, Microsoft News Center, Bata, The New York Times Company, The Walt Disney Company, Mercedes Benz dan masih banyak lainnya.

Persiapan sebelum membuat toko online

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara pembuatan toko online di WordPress, kamu perlu tahu dulu apa saja hal penting yang harus dipersiapkan sebelum membuat toko online. Beberapa diantaranya ialah:

  • Domain
  • Cloud hosting atau virtual private server
  • CMS

Ketiganya kini bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai layanan jasa jual paket hosting, domain dan CMS. Bahkan kamu juga bisa langsung melakukan setting di halaman administrator hosting.

Cara membuat toko online di WordPress

Nah, agar lebih mudah dalam proses pembuatan toko online, ada baiknya kamu mengikuti langkah sederhana seperti berikut ini:

Cara membuat toko online dengan wordpress yang pertama ialah dengan mengunjungi laman administrator atau WordPress Admin. Agar lebih mudah kamu bisa mengetikkan namadomain.com/wp-admin dan pastikan untuk menggunakan sub domain toko online Anda. Misalnya, buatlah selaibuah.com/wp-admin.

Kemudian login menggunakan username dan password. Pastikan kamu tidak salah menginput username dan password lebih dari 3 kali. Karena jika lebih dari tiga kali, maka kemungkinan besar kamu tidak akan bisa login lagi untuk beberapa menit.

Selanjutnya klik Plugins – Add new jika kamu telah berhasil melakukan login dan masuk ke WordPress.

Ketik WooCommerce di bagian kotak pencarian dan setelahnya tekan enter untuk melakukan pencarian plugin secara otomatis. Jika telah muncul, kamu bisa menginstal plugin tersebut. Biasanya proses instal ini tidak akan lama, hanya sekitar 1 hingga 3 menitan saja.

Berikutnya klik Active Plugin sebagai langkah terakhir mengaktifkannya. Kamu hanya perlu klik tombol Active Plugin, maka plugin secara otomatis akan aktif. Artinya toko online yang kamu buat di WordPress sudah siap dan bisa kamu gunakan untuk berjualan online.

Langkah terakhir kamu bisa melakukan klik Instal WooCommrce Pages. Tahapan ini sebenarnya hanya optional saja, di mana kamu bisa melakukannya atau tidak. Hanya saja, ada baiknya kamu mengklik tombol tersebut sekaligus mengakhiri proses penginstalan plugin WordPress WooCommerce.

Nah, sampai di langkah ini toko online kamu yang di WordPress sudah selesai 50 persen. Kenapa 50 persen? Hal ini dikarenakan plugin WooCommerce hanya berfungsi sebagai perantara yang memudahkan kamu untuk mengunggah barang dagangan nanti. Untuk menyempurnakannya, kamu perlu mengupload foto mengenai produk atau jasa yang ingin dipasarkan di toko online.

Demikianlah ulasan ringkas seputar pengertian hingga cara membuat toko online dengan wordpress, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan ya!