Mahasiswa

Unik! Simak Nama-nama Jurusan Kuliah yang Belum Pernah Kamu Ketahui Sebelumnya!

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
nama nama jurusan kuliah

Sebagai seorang calon mahasiswa yang baru saja lulus SMA, mungkin kamu bingung dengan banyaknya nama-nama jurusan kuliah yang ada di perguruan tinggi. Kamu tidak perlu khawatir, karena melalui artikel ini kami akan memberikan informasi menarik dan juga detail mengenai macam-macam jurusan kuliah yang kamu butuhkan. Simak artikelnya dan jangan lupa untuk memperhatikan baik-baik setiap informasi yang diberikan agar tidak ada yang terlewat!

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

Bagi kamu yang berasal dari jurusan IPA ketika SMA, salah satu alternatif jurusan kuliah yang bisa kamu tempuh adalah MIPA. Jika kamu sangat hobi dalam hitung-menghitung, kamu bisa masuk ke dalam jurusan-jurusan yang tergabung ke dalam rumpun MIPA ini, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Ilmu Komputer. Jika kamu telah lulus nanti, prospek kerja yang ditawarkan dari rumpun MIPA cukup bervariasi, namun kebanyakan akan didominasi oleh pekerjaan sebagai peneliti di laboratorium aau dosen.

Teknik

Rumpun nama-nama jurusan kuliah yang kedua adalah teknik. Ada banyak program studi yang tergabung ke dalam rumpun teknik, di antara adanya Teknik Mesin, Teknik Fisika, Tenik Geologi, Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, dan masih banyak teknik-teknik lainnya. Tak bisa dipungkiri, jika jurusan teknik sangat banyak peminatnya sehingga kamu akan memiliki banyak pesaing yang juga memiliki kecerdasan yang tinggi seperti kamu. Banyaknya peminat untuk masuk ke rumpun ini tidak lain dan tidak bukan karena prospek karir gemilang yang bisa diraih apabila sukses lulus kuliah dengan memuaskan dan membanggakan.

Sosio Humaniora

Nah, jika kamu bukan dari kalangan IPA ketika SMA, karena kamu adalah lulusan IPS, kamu bisa mencoba rumpun jurusan-jurusan kuliah yang berada di bawah naungan sosio humaniora. Beberapa contoh jurusan kuliah yang berada di bawah rumpun ini adalah Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Hukum, Sosiologi, Ilmu Politik, dan tentunya masih ada banyak lagi jurusan yang bisa kamu pilih. Seluruh jurusan yang tergabung ke dalam rumpun ini akan berbeda-beda tergantung setiap universitas yang menawarkannya. Meskipun terkesan biasa saja, jangan salah, peminat untuk jurusan-jurusan yang berada di rumpun sosio humaniora juga sangat banyak peminatnya, terutama Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke salah satu program studi di bawah rumpun ini, jangan pernah menyepelekan jurusannya apalagi prospeknya.

Bisnis dan Ekonomi

Rumpun kedua yang masih berhubungan dengan IPS adalah Bisnis dan Ekonomi. Jurusan-jurusan kuliah atau program studi-program studi yang tergolong ke dalam rumpun ini sangatlah banyak, di antaranya Manajemen, Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Perpajakan, Administrasi, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang tertarik menghitung uang, kamu bisa mencoba peluang untuk melanjutkan studi di salah satu nama-nama jurusan kuliah yang telah disebutkan di atas

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply