Mahasiswa

5 Tips Penting Kerja di Luar Negeri Yang Wajib Diketahui

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
kerja di luar negeri

Kerja di luar negeri memang menjadi salah satu keinginan bagi banyak masyarakat. Ada banyak factor mengapa mereka ingin bekerja ke luar negeri seperti keinginan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi ataupun ingin memperoleh pengalaman yang berharga dari tinggal dan bekerja di luar negeri. 

Saat ini, sebenarnya mencari kerja bisa anda temukan dengan mudah bahkan dengan cara mendapatkan uang dari internet pun bisa anda dapatkan. Walaupun demikian, masih banyak orang yang berkeinginan untuk bekerja di luar negeri. Sayangnya, untuk bisa bekerja di luar negeri ternyata tidaklah semudah apa yang ada di bayangan kita. 

Tips penting bekerja di luar negeri

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan siapkan sebelum anda memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Hal ini wajib untuk anda ketahui, agar proses pemberangkatan hingga bekerja di Negara tujuan bisa terlaksana dengan baik. Apa saja hal yang wajib untuk anda perhatikan? Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

  1. Persiapkan dokumen yang menjadi syarat 

Tips pertama buat anda yang ingin kerja di luar negeri adalah dengan menyiapkan semua dokumen sebagai syarat untuk bekerja di luar negeri. Jangan sampai anda dideportasi oleh pihak Negara akibat dokumen yang tidak sah. 

Adapun dokumen penting yang wajib anda siapkan adalah sertifikat kompetensi anda, surat keterangan sehat, perjanjian kerja dengan perusahaan di Negara tersebut, visa dari negara berkaitan dan passport. Syarat  tersebut wajib anda penuhi. 

  1. Jangan lupa mengecek kondisi kesehatan 

Jangan pernah memaksakan diri untuk bekerja di luar negeri apabila anda mempunyai penyakit yang berat. Hal ini bukan tanpa alasan karena apabila anda mempunyai penyakit berat maka berbagai macam risiko tinggi akan menghantui anda. untuk itulah, anda wajib memeriksa kondisi kesehatan sebelum anda berangkat. 

  1. Pastikan lembaga perantara terpercaya 

Tips berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah dengan memastikan apabila lembaga pemberangkatan atau perantara yang anda gunakan tersebut terpercaya dan berpengalaman. Jangan sampai anda sudah mengeluarkan banyak uang tetapi tidak kunjung diberangkatkan ke negara tujuan. 

  1. Jangan lupa mempelajari bahasa Negara tujuan 

Jangan lupa untuk mengenali bagaimana karakter dari Negara tujuan yang anda pilih tersebut. termasuk kebudayaan yang dimiliki agar anda bisa menyesuaikan diri. Selain itu, sebaiknya anda juga mempelajari bagaimana bahasa yang digunakan oleh Negara tujuan. Selain itu, minimal anda juga menguasai bahasa inggris. 

  1. Jangan lupa mempunyai motivasi yang tinggi

Perlu anda ingin apabila bekerja di luar negeri tidaklah semudah apa yang ada di bayangan kita. Apabila kita tidak mempunyai motivasi yang tinggi, maka dijamin anda tidak akan betah untuk bekerja di Negara tujuan.  Demikian beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk kerja di luar negeri. Selain itu, anda juga harus meningkatkan kompetensi dan soft skills anda agar bisa bersaing dengan baik

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply