Sosial

Apa itu Kesehatan dan Keselamatan Kerja? Ini Jawabannya

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
kesehatan dan keselamatan kerja

Kesehatan dan keselamatan kerja memang menjadi salah satu hal yang sangat penting di dalam dunia pekerjaan. Adapun tujuannya adalah untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari adanya pencemaran hingga mengurangi adanya risiko kecelakaan ketika sedang bekerja. Secara tidak langsung ini juga akan mempengaruhi bagaimana produktivitas yang dimiliki oleh tenaga kerja. 

Saat ini, mencari pekerjaan memang sudah bisa anda temukan dengan mudah. Bahkan anda bisa mendapatkan uang dari internet. Cara mendapatkan uang dari internet ini ternyata sudah banyak dipilih oleh masyarakat. Walaupun demikian, tidak sedikit pula dari masyarakat yang bekerja secara langsung untuk perusahaan. 

Apa itu kesehatan dan keselamatan kerja? 

Untuk anda yang  belum mengetahui apa itu kesehatan dan keselamatan kerja, maka anda wajib untuk menyimak ulasan yang ada di bawah ini. 

  1. Kesehatan kerja 

Kesehatan kerja sendiri merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pemilik perusahaan. Karena dengan adanya program ini maka akan memberikan keuntungan bagi para karyawan.  Dengan adanya program inilah maka perusahaan bisa meminimalisir wabah  penyakit agar tidak menimpa para karyawannya. Secara tidak langsung hal ini juga akan berpengaruh pada kinerja karyawan. 

  1. Keselamatan kerja 

Keselamatan kerja ini sendiri merupakan program yang bertujuan untuk menunjukkan kondisi yang aman dan selamat dari berbagai macam penderitaan, kerusakan hingga kerugian ketika berada di tempat kerja. Tidak hanya itu saja, alat keselamatan yang digunakan juga diharuskan sesuai dengan standar kesehatan maupun keselamatan kerja. 

Tujuan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja 

Adapun tujuan dari program kesehatan maupun keselamatan dalam bekerja. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya. 

  1. Tujuan kesehatan kerja 

Diguankan sebagai alat untuk memperoleh derajat kesehatan tenaga kerja yang tinggi baik itu seorang buruh, petani, pegawai negeri, pekerja bebas hingga seorang nelayan. Hal ini juga dimaksudkan untuk kesejahteraan para tenaga kerja tersebut 

Selain itu, program ini sendiri juga digunakan untuk meningkatkan produksi berdasarkan dengan meningkatkan efisiensi maupun daya produktivitas faktor manusia ketika sedang dalam proses produksi. 

  1. Tujuan keselamatan kerja 

Sedangkan untuk tujuan dari keselamatan kerja adalah untuk mencegah adanya kecelakaan di tempat kerja, mencegah timbulkan penyakit yang disebabkan akibat bekerja, hingga untuk meminimalisir atau mencegah kematian yang disebabkan akibat bekerja. 

Tidak hanya itu saja, program keselamatan dalam bekerja ini juga akan mencegah maupun mengurangi cacat tetap, untuk mengamankan material, konstruksi, pemeliharaan, untuk meningkatkan produktivitas para pekerja dalam bekerja hingga untuk menjamin tempat kerja yang bersih, sehat, nyaman dan aman.  Demikian ulasan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja. Sebagai pemilik usaha, memperhatikan bagaimana kesehatan dan keselamatan para karyawan dalam bekerja memang sangat penting. Terlebih lagi untuk meningkatkan produktivitas maupun sebagai jaminan untuk para karyawan.

manfaat teknologi dalam pendidikan

Manfaat Teknologi Dalam Pendidikan Masa Kini

in Sosial
  ·   1 min read

Leave a Reply