5 Bisnis Yang Diuntungkan Karena Pelemahan Rupiah

Bisnis Yang Diuntungkan Karena Pelemahan Rupiah

Apabila Anda termasuk seorang yang senang mengamati pergerakan nilai mata uang. Maka tentu saja Anda mengetahui bahwa sekarang ini nilai tukar rupiah sedang melemah. Maka dari itu, bisnis yang diuntungkan karena pelemahan rupiah ini akan menjadi keuntungan tersendiri.

Setelah sebelumnya bertahan di angka 13 ribu, saat ini nilai tukar rupiah terus mengalami pelemahan bahkan hingga menyentuh angka 15 ribu terhadap mata uang dollar AS. Hal yang satu ini tentu saja akan membuat banyak orang merasa khawatir karena takut krisis tahun 1998 akan terulang kembali.

Ya, rasa khawatir terhadap nilai tukar rupiah yang terus melemah memang merupakan sesuatu yang wajar karena pelemahan rupiah akan bisa membawa dampak yang negatif terhadap perekonomian warga.

Rasa kekhawatiran ini bisa dilihat dari berbagai hal seperti misalnya masyarakat yang mengurangkan niatnya untuk memulai bisnis. Karena takut akan ter imbas oleh dampak negatif dari pelemahan rupiah.

Namun ternyata ada beberapa jenis bisnis yang justru diuntungkan dengan pelemahan nilai tukar rupiah, berikut ini ulasan selengkapnya.

Bisnis Yang Diuntungkan Karena Pelemahan Rupiah

1. Ekspor Ikan Segar

Bisnis pertama yang justru diuntungkan pada saat rupiah sedang melemah adalah ekspor ikan segar. Perlu diketahui bahwa semakin lemah nilai tukar rupiah, maka pihak eksportir akan bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Jika sebelumnya harga ikan 12 ribu per kg. Maka setelah rupiah melemah menjadi 13 ribu per kg sehingga secara otomatis keuntungan akan bertambah seribu rupiah.

2. Bisnis Produk Olahan Ikan

Bisnis berikutnya yang diuntungkan dengan pelemahan rupiah adalah bisnis produk olahan ikan. Ya, selain ekspor ikan segar, bisnis produk olahan ikan juga akan diuntungkan. Kedua hal ini sebenarnya saling berkaitan di mana harga produk olahan ikan yang telah diproses tentu saja harganya akan lebih mahal, Anda bisa mengolah produk olahan ikan seperti ikan kaleng, minyak ikan, tepung ikan, dan sebagainya.

3. Ekspor Ikan Hias

Ekspor ikan hias menjadi bisnis ketiga yang juga diuntungkan dengan pelemahan rupiah. Ikan hias dari Indonesia memang diminati oleh beberapa negara seperti Jepang, Hongkong, Amerika Serikat, dan Australia dengan nilai mencapai 60 juta USD per tahun tentunya sangatlah menggiurkan. Terlebih lagi saat ini ada dukungan dari pemerintah melalui Balai Besar Perikanan dan Budidaya Laut (BBPBL).

4. Ekspor Perhiasan dari Laut

Jenis bisnis keempat yang juga akan diuntungkan dengan nilai tukar rupiah yang melemah adalah bisnis ekspor perhiasan dari laut. Salah satunya adalah mutiara yang merupakan perhiasan yang indah dari laut.

Perlu diketahui bahwa Indonesia sendiri memang sangat dikenal akan kekayaan laut nya yang sangat melimpah. Sehingga tentu saja akan menjadi peluang yang sangat besar bagi Anda untuk meraup keuntungan, salah satunya adalah dengan menjadi eksportir mutiara.

5. Eksportir Limbah Laut

Banyak yang menyangka bahwa limbah laut sudah tidak lagi bermanfaat, padahal limbah laut masih bisa Anda manfaatkan untuk mendulang keuntungan. Ada berbagai macam limbah laut yang diminati oleh pasar internasional antara lain kitosan atau cangkang kepiting, cangkang udang, sisik ikan, kulit kerang, dan sebagainya untuk diolah kembali menjadi berbagai bahan baku yang bernilai.

Kondisi rupiah yang melemah ternyata bisa mendatangkan keuntungan terhadap beberapa jenis bisnis yang telah di ulas di atas. nah demikian ulasan singkatnya yang dapat kami sajikan untuk anda. semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua.

Written by Pejoang
Blog pejoang dibuat untuk tujuan memberikan informasi tentang apa saja yang bermanfaat dan hal positif yang mengulas tentang ilmu pengetahuan, bisnis, teknologi, travel, sosial, dan hiburan. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published.