Teknologi tepat guna, mungkin kamu merasa asing dengannya. Teknologi tepat guna sendiri pada dasarnya jenis teknologi yang terdiri dari berbagai macam sesuai dengan bidang ilmu serta penerapannya. Umumnya, teknologi ini ialah pilihan teknologi dan aplikasi dengan karakteristik terdesentralisasi, skala kecil, padat karya, hemat energi dan berkaitan dengan kondisi lokal tertentu yang dirancang khusus untuk masyarakat.

Kehadiran teknologi tepat guna sangat bermanfaat untuk membuat pekerjaan manusia semakin mudah dan membantu meningkatkan nilai ekonomi. Saat ini ada berbagai jenis teknologi tepat guna dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk di bidang pertanian. Sebagai informasi tambahan, berikut ulasan ringkas seputar 5 jenis teknologi tepat guna yang banyak digunakan para petani hari ini.

Mesin penebar pupuk

Sebelumnya masyarakat terkhususnya para petani sangat kesulitan ketika menyebarkan pupuk. Pasalnya, saat menyebar pupuk petani harus menghabiskan waktu yang lama. Nah, dengan adanya mesin penebar pupuk sebagai salah satu teknologi tepat guna bidang pertanian kini petani merasa sangat terbantu karena proses penyebaran pupuk bisa dilakukan dengan cepat serta tidak membutuhkan energi yang banyak seperti halnya dilakukan secara manual. Bagi kamu yang ingin mengembangkan usaha bida pertanian, jangan ragu untuk mengoptimalkan teknologi yang satu ini!

Mesin pemipil jagung

Berikutnya ada mesin pemipil jagung yang sudah banyak dijual saat ini. Perlu kamu ketahui, biasanya saat memasuki musim panen jagung akan dijemur terlebih dahulu sebelum dijual. Saat proses penjemuran, jagung biasanya akan melalui proses pemipilan, yaitu proses perontokan biji jagung dari bagian tongkolnya. Proses ini tentunya tidak mudah dilakukan dan menguras tenaga yang tidak sedikit, terkhusus pada bagian jari tangan. Jika tidak memiliki tenaga lagi, sudah pasti proses ini akan dihentikan dan memakan waktu lama untuk menyelesaikan pemipilan.

Kabar baiknya, dengan adanya mesin pemipil jagung kini semua masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah dan cepat, mesin pemipil jagung bermanfaat untuk memipil jagung dari tongkol dengan cepat, mudah, hemat tenaga dan pastinya hemat waktu.

Mesin traktor penanam padi

Mesin traktor penanam padi juga termasuk teknologi tepat guna yang paling dibutuhkan petani di Indonesia hari ini. Perlu kamu ketahui nih, pertanian di Indonesia sangat luas dengan bentuk lahan yang beragam. Hal ini mengharuskan petani menerapkan mesin tanam padi sesuai dengan kondisi lahan mereka. Untuk daerah pertanian yang datar dan luas, masyarakat telah menerapkan traktor penanam padi yang ukurannya cukup besar dan berat. Namun tidak bagi petani yang berada di daerah pegunungan. Nah, saat ini juga telah hadir mesin traktor penanam padi berukuran ramping dan ringan lho. Mesin ini sangat berguna untuk kemudahan penanaman padi di area pegunungan.

Mesin membajak

Selanjutnya ada mesin membajak sawah yang sudah biasa digunakan oleh para petani. Ada beragam mesin traktor yang dimanfaatkan untuk kebutuhan bidang pertanian ini, mulai dari mesin untuk lahan landai hingga lahan pegunungan. Mesin ini sangat bermanfaat untuk para petani, terkhusus untuk petani milenial yang identik mencari kemudahan dan pekerjaan ringan. Hal ini dikarenakan teknologi tepat guna tersebut bisa mempercepat usaha pertanian padi dibandingkan menggunakan mesin bajak manual. Proses membajak lahan semakin cepat dan ringan dilakukan sehingga petani bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan hal-hal yang sifatnya lebih produktif.

Mesin perontok padi

Terakhir ada mesin perontok padi yang mulai digunakan hampir di seluruh Indonesia. Sebelumnya, kegiatan panen padi menyita waktu dan tenaga cukup banyak. Kondisi ini membuat petani mencari solusi berupa teknologi pemanen yang lebih praktis. Teknologi tepat guna bidang pertanian untuk memudahkan proses memanen padi yang dihadirkan ialah harvester yang bentuknya menyerupai traktor dengan ukuran yang lebih besar dan membutuhkan pengembangan lebih lanjut agar bisa digunakan secara optimal di lahan pegunungan. Mesin ini sangat bermanfaat karena membuat proses panen padi semakin cepat dilakukan. Hasil akhir padi akan berbentuk bulir yang sudah dirontokkan dari batangnya dan bisa langsung dimasukkan ke karung penyimpanan.

Demikianlah ulasan ringkas seputar beberapa jenis teknologi tepat guna yang digunakan dalam bidang pertanian, semoga bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan!