5 Strategi Marketing Bisnis Rumahan Paling Ampuh!

Strategi Marketing Bisnis Rumahan

Meskipun bertajuk bisnis rumahan, namun upaya pemasarannya tidak boleh sembarangan. Diperlukan strategi marketing bisnis rumahan khusus agar bisnis anda tidak stagnan. Sebagaimana kita ketahui pemasaran dalam bisnis adalah jantung utama yang membuat bisnis hidup.

Jika pemasarannya saja tidak berhasil maka akan berpengaruh pada laju bisnis anda. Karena termasuk bisnis rumahan, upaya pemasarannya lebih ringan. namun effort yang anda dapatkan tak kalah besar dari pemasaran kompleks. Banyak cara marketing khusus bisnis rumahan yang bisa dicoba.

Mulai dari menyasar sistem offline hingga online. Cara tersebut juga bisa menjadi dongkrak dalam mengembangkan bisnis. Tanpa pemasaran yang ter-strategi, bisnis akan mudah limbung. Dengan perencanaan dan strategi matang, bisnis pun akan bergerak lebih mudah dan akan terasa lebih menyenangkan.

Nah, agar strategi anda tidak salah langkah, cobalah kenali lebih jauh apa saja poin-poinnya. Berikut ulasan lebih lengkap untuk strategi marketing.

Berbagai Strategi Marketing Bisnis Rumahan

1. Sistem referral

Strategi pertama yang dapat anda lakukan pada bisnis rumahan adalah sistem referral. Sistem referral bisa dikatakan sebagai pemasaran dari mulut ke mulut. Cobalah pasarkan jualan anda di lingkungan sekitar.

Upayakan untuk menjaga kualitas agar sistem satu ini berhasil. Sistem pemasaran satu ini amat ampuh karena akan memicu rasa penasaran oranglain. Alhasil makin banyak orang yang tertarik membeli produk yang anda tawarkan dan marketing pun jadi lebih berhasil.

2. Pemasaran media sosial

Strategi marketing kedua yang dapat anda lakukan pada bisnis rumahan adalah melakukan pemasaran melalui media sosial. Media sosial merupakan senjata ampuh untuk pemasaran bisnis rumahan.

Umumnya ibu rumahtangga atau karyawan yang memiliki usaha sampingan menggunakan media sosial untuk bisnis. Pasalnya selain umum digunakan, operasionalnya juga cukup mudah. Anda bisa memilih media sosial yang rata-rata digunakan target market anda. Dengan demikian upaya pemasarannya pun lebih berhasil.

3. Mengikuti bazar

Strategi marketing ketiga yang dapat anda lakukan pada bisnis rumahan adalah mengikuti bazar. Selain bisnis besar, bazar pun juga cocok dilakukan untuk para pebisnis rumahan. Karena bisa jadi akan mendapatkan investor yang tertarik pada produk anda.

Karena belum memiliki toko fisik, dengan mengikuti bazar anda bisa mendapatkan peluang mendapatkan pelanggan lebih banyak. Pastikan harga stand yang anda bayar prospeknya sebanding. Agar uang yang keluarkan untuk membayar sewa stand tidak sia-sia karena sedikitnya pengunjung.

4. Menitipkan barang di toko besar

Strategi marketing keempat yang dapat anda lakukan pada bisnis rumahan adalah menitipkan barang dagangan anda di toko – toko besar. Jika ingin memperluas jaringan pemasaran, cobalah bekerjasama dengan toko-toko yang sudah besar.

Titipkan barang dagangan di toko tersebut. buat kerjasama yang sama-sama menguntungkan antar anda dan pemilik toko. Penjualan pun berpeluang terdongkrak dengan upaya satu ini.

5. Memperluas relasi

Strategi marketing terakhir yang dapat anda lakukan pada bisnis rumahan adalah memperluas jaringan dan relasi bisnis. Bisnis rumahan mampu berkembang pesat jika diikuti dengan pertumbuhan relasi. Perluas jaringan pertemanan untuk memperbesar prospek.

Anda bisa mencoba bergabung dengan arisan lingkungan, komunitas pengusaha, dsb. Selain memperbesar peluang konsumen, relasi yang luas akan mempermudah anda dalam menjalankan bisnis dan melakukan berbagai strategi marketing.

Demikian beberapa strategi marketing yang bisa anda coba agar bisnis rumahan berkembang pesat. Anda dapat mencoba beberapa hal diatas kemudian anda terapkan pada bisnis rumahan yang anda jalankan. Semoga bermanfaat.

Written by Pejoang
Blog pejoang dibuat untuk tujuan memberikan informasi tentang apa saja yang bermanfaat dan hal positif yang mengulas tentang ilmu pengetahuan, bisnis, teknologi, travel, sosial, dan hiburan. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published.