Cara mendapatkan pasif income dari bisnis online – Bagaimana cara mendapatkan pasif income dari internet marketing/bisnis online? Jika Kamu sedang mencari penghasilan tambahan, maka menjalankan bisnis online atau memanfaatkan internet untuk bekerja dan berbisnis bisa menjadi pilihan ideal.

Apa Itu pasif Income?

Sebelum kita membahas cara mendapatkan pasif income dari internet marketing/bisnis online, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa itu pengertian pasif income. Pasif income atau pendapatan pasif ialah pendapatan yang  biasanya hanya perlu dilakukan atau dikerjakan satu kali dan Kamu bisa menikmatinya dalam waktu yang cukup lama.

Adapun contoh dari pendapatan pasif ini ialah penghasilan yang diperoleh dari hasil sewa perumahan maupun aktivitas bisnis yang lainnya, dimana Kamu tidak  perlu aktif berpartisipasi selama 24 jam dalam seminggu. 

Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan Pasif Income dari Bisnis Online?

Ada beberapa ide untuk memperoleh penghasilan atau pendapatan pasif di internet, diantaranya sebagai berikut :

Menulis Blog

Untuk menjalankan ide bisnis ini, Kamu hanya perlu memanfaatkan tenaga dan waktu saja untuk memulainya. Kemudian lakukan riset mengenai niche seperti apa untuk Kamu tulis di blog. Banyak orang yang sudah membuktikannya, dengan menulis di blog bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Sebaiknya pilih konten tulisan yang bermanfaat bagi target pembaca, seperti kuliner, teknologi, bisnis, berita terkini, atau lifestyle. Namun apapun pilihannya, sebaiknya pilih niche yang berguna dan memberikan informasi bagi para pembaca. 

Coba Investasi Reksadana

Dengan hanya bermodalkan internet, maka Kamu sudah dapat melakukan pendaftaran di situs penjualan reksa dana dengan membeli produk reksadana saat akunmu sudah disetujui. Reksadana ialah sejenis investasi yang dilakukan secara online dan dianggap paling cepat mendatangkan returns

Menurut jenisnya, investasi reksadana yang sering dibeli investor terdiri dari 4 jenis, yaitu pendapatan tetap, pasar uang, saham, dan campuran. Semua jenis reksadana tersebut dapat dipantau laba/keuntungannya per hari. Jika Kamu ingin mencairkan keuntungannya, cukup klik jual di situs reksadana, lalu uangnya akan langsung ditransfer ke akun rekening bank yang sudah Kamu daftarkan. Jika ingin balik modal lebih cepat, pilihlah produk reksadana saham. Namun kekurangannya saat ada kerugian, uangmu bisa-bisa minus.

Kerja Freelance

Cara mendapatkan pasif income dari internet bisnis online lainnya yaitu dengan mencari kerja sebagai freelancer online. Nah, ini berlaku jika Kamu memiliki skill tertentu, seperti menulis di blog, desain gambar, dan lain sebagainya. Untuk menghasilkan uang secara virtual dengan cara ini, maka Kamu harus memiliki portofolio terlebih dahulu. Jika tidak ada portofolio, tentu saja calon klien bisa meragukan kemampuanmu.

Ada banyak pilihan situs pencari kerja menjadi freelancer online di Indonesia maupun di luar negeri yang bisa Kalian temukan. Dengan bekerja menjadi freelancer ini, pembayarannya bisa langsung pakai dolar ataupun rupiah, bisa lewat Paypal atau transfer antar bank. 

Buka Kursus Online

Cara lain yang bisa Kamu coba ialah dengan membuka kursus online. Buka kursus sesuai dengan bidang yang Kalian sukai. Misalnya saja dengan membuka kursus bahasa asing, kursus music, hingga digital marketing. Untuk menjalankannya Kamu hanya memerlukan koneksi internet dan kursus pun dapat dilakukan lewat beberapa platform, seperti video call, zoom dan lain sebagainya. Keuntungannya nih, Kamu tidak perlu modal untuk memulai usaha yang satu ini.

Menulis Buku

Masih tentang menulis, Kamu bisa merilis sebuah buku bertema apapun, mulai dari cerita fiksi, novel, teknologi, finansial, bisnis, kuliner, komik, hingga gaya hidup. Pastikan Kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu mengenai konten yang ingin ditulis, lalu cari publisher atau penerbit yang ingin bekerja sama. 

Tentu akan sangat membantu jika Kamu sudah memiliki pengalaman menulis, karenanya buatlah hasil karya yang berkualitas dan menarik jika Kamu serius menjalankan usaha ini.

Jual Produk Sendiri

Cara mendapatkan pasif income dari bisnis online lainnya ialah dengan menawarkan barang ataupun jasa. Memang tingkat kesulitan menjual produk sendiri secara mandiri lebih tinggi jika dibandingkan ikut menitipkan atau menjualnya di marketplace. Sebenarnya ada 2 pilihan cara yang bisa Kamu coba yaitu menjualnya di website sendiri, lewat media sosial, atau lewat marketplace

Jika Kamu menjualnya di marketplace, maka calon pembeli/konsumen yang masuk memang sudah berniat membeli produk atau mencari produk yang ingin mereka beli. Sementara jika Kamu memasarkan produk sendiri, wajib mendapatkan traffic pengunjung terlebih dahulu agar mereka tertarik membeli produk yang Kamu tawarkan.