5 Cara Ampuh Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi!

Cara Memanfaatkan Media Sosial

Cara memanfaatkan media sosial pada awalnya hanya difungsikan sebagai sarana interaksi dan komunikasi satu sama lain. Namun seiring banyaknya pengguna, banyak orang yang menggunakannya sebagai media promosi. Dari segi prospek menggunakan laman sosial memang sangat besar untuk keberhasilan promosi.

Namun disisi lain banyak pula yang pada akhirnya gagal. Maka agar penggunaan media sosial berhasil untuk promosi, melakukannya dengan trik tertentu sangat penting. Karena peluang mendulang omset pendapatan hingga mencapai ratusan juta pun bisa anda peroleh jika anda telaten dalam mengerjakan pekerjaan ini.

Saat ini sudah banyak sekali toko online shop yang berpromosi hanya mengandalkan media sosial namun mampu tumbuh besar dan sukses. Namun tak sedikit juga toko online yang berawal dari reseller kemudian menjadi distributor hanya melalui promosi media sosial.

Bahkan ada yang berhasil memiliki karyawan hingga ratusan dengan omset sampai ratusan juta. Hal ini menjadi bukti bahwa media sosial tak hanya menarik untuk interaksi namun juga prospektif sebagai ladang jualan anda.

Jika anda ingin promosi online melalui media sosial, cobalah beberapa tips berikut ini agar penggunaannya menjadi lebih optimal.

Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

1. Pilih media sosial yang banyak digunakan

Pilihlah media sosial yang banyak digunakan agar anda lebih mudah mendapatkan pengikut. Misalnya Instagram dan Facebook. Kedua media sosial ini adalah sarana empuk dan menjadi media paling banyak digunakan di Indonesia.

Anda tidak perlu kesulitan dalam mencari calon pelanggan karena banyaknya penggunanya. Jangan gunakan media sosial yang jarang digunakan meskipun anda lebih tertarik menggunakan media sosial tersebut.

2. Cobalah convert selling

Promosi secara terang-terangan tentu sudah biasa. Cobalah melakukan convert selling untuk promosi yang lebih menarik. Convert selling bisa dikatakan promosi terselubung dibalik sebuah cerita.

Umumnya pengguna media sosial akan lebih tertarik membaca sebuah cerita dibandingkan dengan membaca promosi. Cobalah olah keahlian anda dalam bercerita kemudian selipkan promosi di cerita tersebut. Promosi pun lebih menarik dan akan membuat jualan lebih dihargai.

3. Bangun kedekatan dengan followers atau teman

Media sosial merupakan tempat untuk berinteraksi satu sama lain. Berjualan melalui media satu ini memerlukan pondasi kedekatan sesama pengguna. Rajin like, memberikan komentar positif, dsb adalah salah satu cara mudah dalam membangun kedekatan dengan followers.

Selain itu postingan anda pun akan selalu muncul di bagian atas jika makin banyak akun yang berinteraksi dengan anda. Maka bersikap baik pada konsumen akan memudahkan cara memanfaatkan sosial media.

4. Tautkan dengan website atau aplikasi jualan anda lainnya

Gunakan media sosial untuk mendulang banyak pengunjung website atau mengenalkan kepada lebih banyak orang dengan website jualan anda. Cobalah tambahkan tautan website atau aplikasi jualan lainnya. anda pun bisa membangun database di aplikasi jualan melalui pengunjung dari tautan tersebut.

5. Variasikan dengan postingan non promosi

Banyak orang yang salah kaprah dalam menggunakan media sosial untuk berjualan. Kebanyakan mengira jika promosi lewat medsos harus selalu posting jualan. Justru jika selalu posting iklan followers akan merasa jengah dan meninggalkan akun anda. Variasikan postingan dengan mencoba post kata-kata bijak, tips, atau berbagai hal ringan lain. Dengan demikian orang yang melihat pun tidak akan merasa bosan dan lebih menghargai jualan anda.

Itu dia beberapa trik memanfaatkan media sosial agar lebih berguna dan menghasilkan untuk media promosi. Semoga bermanfaat.

Written by Pejoang
Blog pejoang dibuat untuk tujuan memberikan informasi tentang apa saja yang bermanfaat dan hal positif yang mengulas tentang ilmu pengetahuan, bisnis, teknologi, travel, sosial, dan hiburan. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published.