Pekerja Data Sains – Akhir – akhir ini sering terdengar kata data sains. Namun seberapa pentingkah data sains ini dalam suatu pekerjaan? Sebelum menjawabnya, penting untuk mengetahui data sains yang booming dengan gaji fantastis namun pekerjaan yang lumayan mengasah otak untuk berpikir agar mengalami perbedaan yang signifikan bagi suatu perusahaan maupun dunia bisnis.

Dalam pekerjaan sehari-hari, para Data Saintis seringkali bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi pada data, mulai dari mengumpulkan hingga menganalisis dan melaporkan hasilnya. Apa yang dilakukan para Data Saintis dari hari ke hari dapat sangat bervariasi, tidak sedikit karena perusahaan yang berbeda menggunakan ilmu data dengan cara yang berbeda.

Bagaimana Bisnis Mendapatkan Manfaat dari Mempekerjakan para Data Saintis?

Pada dunia bisnis data sains sangat bermanfaat. Misalnya, pengecer atau reseller khusus. Perusahaan seperti itu mungkin mendapatkan puluhan ribu tampilan halaman setiap hari, dan ratusan pesanan. Dengan setiap tampilan halaman, ia dapat menggunakan alat otomatis untuk mengumpulkan sejumlah besar data tentang siapa pengunjung dan tindakan apa yang telah mereka lakukan di web. Begitu juga dengan setiap pesanan maka sistem penjualan otomatis dapat dengan mudah mengumpulkan berbagai titik data tentang pelanggan yang sebenarnya.

Namun, data ini menumpuk dengan cepat, dan tidak memiliki nilai yang berbeda sendiri. Untuk mendapatkan nilai darinya, perusahaan perlu menganalisisnya, mencari pola dan wawasan yang menyarankan strategi dan taktik bisnis di masa depan. Semakin banyak informasi yang dapat ditindaklanjuti, wawasan ke depan yang diberikan data ini semakin banyak nilai yang dimilikinya bagi perusahaan. Karena ada banyak jenis data yang dapat dikumpulkan oleh perusahaan, ada beragam cara yang dapat ditambahkan oleh Pekerja Data Saintis. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana ilmu data menambah nilai pada bisnis:

  • Meningkatkan pengambilan keputusan sehingga memberikan nilai yang dapat ditindaklanjuti manajemen yang dapat digunakan para pimpinan untuk membentuk strategi jangka pendek dan jangka panjang.
  • Meningkatkan perekrutan yang dapat membantu lebih objektif mengevaluasi kandidat dan menghilangkan ketidakefisienan dan anomali.
  • Memprediksi masa depan dengan menggunakan algoritma, para Data Saintis dapat menemukan pola dalam data yang tidak dapat dilakukan manusia, dan memperkirakan hasil di masa yang akan datang dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi.
  • Meningkatkan penargetan dengan cara membantu perusahaan menemukan target pasar baru, lebih memahami pelanggan yang ada, dan lebih akurat memprediksi apa yang diinginkan pelanggan.
  • Mengidentifikasi peluang baru dengan cara menjelajahi data dan mencari pola, data sains dapat mengidentifikasi peluang bisnis baru yang mungkin tidak jelas terlihat.

Ilmu data adalah bidang yang tumbuh cepat, dan para Data Saintis yang berkualitas sangat dibutuhkan.

Tertarik masuk ke dalam ilmu data? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk belajar serta memahami tentang data sains yang membuatmu bisa menjadi pekerja data sains:

1. Meluangkan waktu untuk mengetahui seberapa ingin mengenal data sains

apa yang memotivasimu sehingga tertarik untuk belajar ilmu data? Tentu saja, ada gaji yang menarik, tetapi coba masuk lebih dalam dan temukan sesuatu tentang data yang menarik minat kamu.

2. Belajar memahami tentang data sains

Sudah lama, tetapi didasarkan pada banyaknya wawancara dengan menggunakan data sains oleh manajer perekrutan. Ini akan memberi ide bagus di mana industri data sains saat ini dicari untuk beberapa tahun kedepan. Mengetahuinya sedini mungkin akan membantumu menghindari kesalahan dan menghemat waktu ketika tiba saatnya melamar pekerjaan, karena telah memiliki portofolio proyek yang bagus dan siap untuk direkomendasikan.

3. Mempraktekan yang telah diperjalari

Sangat mudah untuk menonton video berdurasi satu jam serta telah mempelajari sesuatu, akan tetapi itu belum benar-benar mempelajari sesuatu hal yang bermanfaat kecuali dengan menerapkan apa yang telah dipelajari sendiri.

4. Berdiskusi dengan sesama pakar data saintis

Kamu dapat membuat beberapa koneksi hebat dan belajar banyak dari orang lain di komunitas, dan kebanyakan orang dalam ilmu data sangat terbuka dan murah hati tentang berbagi waktu dan keahlian mereka.

Pekerja Data Sains seiring berkembangnya jaman akan mengalami pertumbuhan yang pesat. Pekerjaan yang diidamkan bagi setiap fresh graduate karena mempunyai salary yang tinggi selaras dengan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian yang tinggi.