Fenomena supermoon menjadi trending topik warganet. Pasalnya, fenomena supermoon kali ini merupakan yang terbesar sepanjang 2020. Tak heran jika banyak yang berlomba menyaksikan dan turut serta mengabadikan. Fenomena supermoon yang terjadi pada tanggal 7 hingga 8 April lalu memang begitu luar biasa dan dikenal dengan istilah pink supermoon.

Fenomena ini dapat dilihat selama dua hari yang puncaknya pada tanggal 8 April 2020 lalu. Fenomena ini dapat dinikmati sejak senja hingga dini hari saat langit cerah di arah timur. Pada saat itu, bulan akan terlihat lebih besar dari hari-hari biasanya karena posisinya yang menuju jarak terdekat dengan bumi kita.

Informasi tersebut dipaparkan oleh pihak BMKG melalui akun instagramnya yang menyebutkan bulan menjadi semakin dekat pada tanggal 8 April 2020 lalu. Saat itu, jari-jari bulan yang nampak dari bumi sebesar 16,73 menit busur. Setelah delapan jam 27 menit, bulan berada di posisi purnama yang kemudian dikenal dengan istilah supermoon.

Supermoon ini tak terjadi sekali saja. Dalam tahun ini terjadi dua kali fenomena supermoon, tepatnya tanggal 10 Maret dan 8 April 2020. Jika kamu belum melihat secara langsung fenomen supermoon, tenang saja karena fenomena akan terjadi lagi pada 7 Mei 2020 mendatang, meskipun ukurannya akan lebih kecil dari bulan ini.

Melihat Supermoon dari Rumah

Banyak masyarakat yang kemudian menyaksikan fenomena supermoon secara langsung dan mengabadikannya lewat kamera terbaiknya. Tak lupa foto tersebut kemudian diunggah melalui akun sosial media masing-masing. Banyak sekali warganet yang memosting fenomena supermoon bulan ini agar tak ketinggalan dari momen yang istimewa.

Cukup dari rumah saja, fenomena supermoon dapat terlihat keindahannya. Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah yang meminta kita semua harus tetap berada di rumah selama masa pandemik corona ini. Hal tersebut diungkapkan melalui serangkaian tagar #dirumahsaja dan #LihatSupermoondariRumah bersama keluarga.

Banyak juga curhatan warganet terkait hal yang begitu fenomenal ini. Malam ini nantinya terdapat hal yang besar, namun bukan sekadar harapan dalam melawan corona di rumah. Akan terdapat fenomena yang begitu dekat, namun kita semua harus tetap berjaga jarak. Tak heran jika fenomena ini dijadikan sebagai selingan di kala pandemi.

Saling Berlomba Tangkap Momen Berharga

Banyak sekali warga indonesia yang ramai memposting hasil jepretan atas fenomena luar biasa itu. Mereka mengamati fenomena ini dengan bantuan alat atau tanpa alat. Untuk mempertajam fenomena ini, banyak yang menggunakan bantuan teleskop. Warganet twitter dan sosial media lain juga ramai dalam membagikan fenomena langit yang menakjubkan ini.

Banyak juga di antara mereka yang mengunggah foto supermoon dari atap rumah hanya menggunakan kamera smartphone biasa. Tak lupa setiap foto yang diunggah disematkan juga tagar #supermoon hingga mendapatkan trending topik karena diulas lebih dari 66 ribu curhatan warganet di tengah pandemi seperti saat ini.

Banyak juga warganet yang membagikan foto supermoon dilengkapi dengan caption menarik dan pemberi semangat seperti “Bulan yang indah, sudahi dulu ya sedihnya, kita yakin kita akan bisa melewati segalanya bersama” dan banyak cuitan motivasi lain yang menggambarkan betapa sedihnya masa pandemi ini. Masyarakat yang belum menyaksikan supermoon akhirnya keluar rumah sebentar dengan rasa penasaran tinggi atas fenomena ini. Sehingga supermoon menjadi hiburan saat suasana dan kondisi pandemi agar tak berlarut dalam kesedihan setiap harinya. Bagi kalian yang belum menikmatinya, tungu bulan depan, ya, arena masih terdapat fenomena supermoon yang tak kalah indah.