Mahasiswa

10 Kelebihan dan Kekurangan Lowongan Kerja Part Time

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
lowongan kerja part time

Mencari lowongan kerja part time memang bukan perkara mudah. Memilih part time sebagai salah satu bentuk pekerjaan yang dijalani juga memiliki beragam resiko. Pasalnya pekerjaan tersebut tidak hanya memberikan kamu manfaat saja, tetapi juga dikenal dengan beragam kekurangan yang dimilikinya. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya:

Kelebihan kerja part time

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dapat diberikan oleh kerja part time bagi para pelakunya :

1.       Mengisi waktu luang

Kerja part time umumnya dapat dilakukan kapan saja dan tidak mengharuskan kamu untuk melakukannya setiap waktu. Karena itulah, jenis pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu dalam mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

2.       Mendapatkan uang

Kelebihan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari kerja part time adalah mendapatkan uang. Memang uang yang dihasilkan jumlahnya tidak sebanyak uang dari hasil pekerjaan full time. Namun uang yang dihasilkan tetap membantu keuangan para pekerjanya.

3.       Mempelajari hal baru

Dengan bekerja secara part time, kamu juga dapat mempelajari beragam hal baru. Baik itu yang berkaitan dengan pekerjaan yang tengah dilakukan atau pun bidang lainnya. 

4.       Mengasah kemampuan dan keterampilan

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah meningkatnya kemampuan atau keterampilan yang kamu miliki. Hal ini berkaitan dengan keterampilan kamu yang terus terasah ketika melakukan pekerjaan secara part time.

5.       Belajar mengatur waktu

Seperti cara mendapatkan uang dari internet lainnya kerja part time dilakukan dalam waktu tertentu, maka dibutuhkan pengaturan waktu yang baik. Hal ini dapat membantu kamu dalam mengatur waktu dengan lebih baik pula. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang secara percuma.

6.       Memperluas jaringan

Lowongan kerja part time tersedia di berbagai wilayah berbeda. Hal ini jelas membuka peluang untuk mendapatkan jaringan yang lebih luas pula. Pasalnya kamu dapat mengenal orang baru yang mungkin satu profesi dari berbagai wilayah berbeda dengan mudah.

Kekurangan kerja part time

Selain beberapa kelebihan di bagian atas tadi, berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimilikinya :

1.       Tidak ada perlindungan kerja

Kerja part time berbeda dengan kerja full time. Hal ini ditandai dengan tidak adanya perlindungan kerja yang diberikan. Dengan demikian setiap permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan atau bahkan kecelakaan akan menjadi tanggung jawab kamu secara pribadi.

2.       Dianggap tidak profesional

Karena dapat dilakukan kapan pun kamu menginginkannya, maka tidak jarang anggapan yang menyatakan bahwa pekerjaan part time adalah jenis pekerjaan yang tidak profesional. Padahal jika dilihat dari segi kemampuan, bisa jadi pekerja part time memiliki kemampuan lebih baik dibanding pekerja full time.

3.       Bayaran tidak sesuai

Kekurangan lainnya yang banyak dirasakan para pekerja part time adalah jumlah bayaran yang diterima olehnya. Karena tidak jarang diantaranya tugas yang diberikan berat namun bayaran yang diberikan justru sedikit.

4.       Tidak ada jenjang karir

Bagian paling akhir dan dikenal sebagai kekurangan dari kerja part time adalah tidak adanya jenjang karir. Pasalnya pekerjaan tersebut dilakukan secara monoton dan tidak mengalami peningkatan. Itulah kiranya penjelasan singkat terkait kelebihan serta kekurangan dari lowongan kerja part time.

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply