Mahasiswa

Teknik Kimia, Jurusan untuk Anak IPA Cocok Untukmu!

Written by Muhammad Artfanton
· 1 min read >
jurusan untuk anak ipa

Jika kamu termasuk ke dalam salah satu lulusan IPA, maka pasti saat ini kamu sedang mencari jurusan untuk anak IPA yang tepat untuk melanjutkan studi. Salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh anak-anak lulusan IPA adalah teknik kimia. Meskipun ada macam-macam jurusan kuliah untuk anak IPA, entah mengapa jurusan Teknik Kimia ini selalu menjadi primadona bagi lulusan SMA. Mau tau informasi lebih lengkap mengenai jurusan ini? Kita simak artikel di bawah ini yuk!

Apa itu teknik kimia?

Mungkin sebagian dari kamu ada yang sudah memahami mengenai jurusan teknik kimia, namun pasti juga ada yang belum tahu apa-apa mengenai jurusan tersebut. Teknik kimia termasuk ke dalam bidang studi yang di dalamnya kamu akan akan mempelajari mengenai rekayasa suatu produk agar memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Bisa dibilang, jurusan ini berbeda dengan jurusan pendidikan kimia atau ilmu kimia murni. Nantinya, sebagai mahasiswa jurusan ini, kamu akan diminta untuk mengembangkan sebuah penelitian yang berbasis desain molekuler baru, melakukan sintesis, serta reaksi kimia yang bertujuan untuk menciptakan suatu produk yang lebih ramah lingkungan di masa depan.

Kemampuan yang diperlukan

Sebagai salah satu jurusan untuk anak IPA yang paling favorit, tentunya banyak sekali peminat yang ingin menjadi mahasiswa di jurusan teknik kimia. Nah, jika kamu salah satu peminat tersebut, kamu harus mengetahui kemampuan atau keahlian apa yang diperlukan agar bisa sukses menjadi mahasiswa di jurusan tersebut. Adapun kemampuan yang sangat diperlukan agar berhasil di jurusan ini adalah kemampuan untuk melakukan analisis, kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan baik, pemahaman yang benar mengenai kimia, matematika serta fisika, dan kemampuan untuk berpikir kritis.

Mengapa harus teknik kimia?

Mungkin sebagian dari kamu masih bertanya-tanya mengapa harus masuk jurusan teknik kimia padahal masih banyak jurusan lain yang mungkin peminatnya lebih sedikit. Kamu perlu mempertimbangkan untuk masuk ke dalam jurusan ini karena prospek kerja yang menarik. Di Indonesia, tidak banyak universitas yang menawarkan jurusan ini, sehingga peluang para lulusan teknik kimia untuk terserap di pasar tenaga kerja juga meningkat. Selain itu, lulusan teknik kimia juga termasuk ke dalam lulusan yang paling dicari oleh industri. Dengan begini, jika kamu menjadi lulusan teknik kimia, maka kamu tidak akan menjadi pengangguran. Lulusan teknik kimia juga diminati oleh pihak perusahaan karena mereka dapat berperan untuk memperkuat divisi penjualan serta pemasaran dari sebuah pemasaran. Terakhir, lulusan teknik kimia juga banyak yang bekerja di industri minyak dan gas bumi, salah satu industri yang menawarkan penghasilan menggiurkan bagi para pegawainya. Kamu juga bisa menjadi salah satu lulusan yang akan bekerja di industri tersebut! Nah, apalagi yang menyebabkan kamu urung menjadi mahasiswa teknik kimia? Teknik kimia, jurusan untuk anak IPA yang paling cocok untuk kamu.

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply