Berbicara mengenai tips bisnis di masa new normal tentunya tidak lepas dari jenis bisnis yang dilakukannya itu sendiri. Seperti yang Kamu tahu, memasuki masa pandemi corona banyak sekali orang-orang yang merasa dirugikan, utamanya dari segi perekonomian. Hal ini dikarenakan setiap aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan tidak dapat dilakukan dengan maksimal, sehingga hasil yang ditimbulkan pun kurang memuaskan. Hal ini banyak dirasakan oleh para pebisnis. Karena itulah banyak di antaranya orang yang banting setir dengan melakukan pekerjaan atau memulai bisnis lain yang lebih menjanjikan baginya di masa depan utamanya setelah pandemi corona berakhir. 

Ide bisnis di masa new normal 

Memasuki tahap selanjutnya yang dikenal dengan istilah new normal, ada beberapa ide bisnis yang dapat Kamu lakukan dan terapkan dengan mudah. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya : 

Bisnis makanan frozen 

Ide bisnis pertama yang cukup menjanjikan di masa new normal adalah penjualan makanan frozen atau makanan beku. Seperti halnya nugget, bakso, siomay, dimsum dan lainnya. Keberadaan makanan tersebut menjadi salah satu barang yang paling banyak dicari dan diincar orang karena mampu bertahan dalam jangka waktu lama. Sementara pada masa new normal, meskipun setiap orang dapat beraktivitas, namun hubungan sosial lebih dibatasi. Selain itu, aturan PSBB juga masih diperpanjang, tidak heran jika ruang gerak masyarakat masih terbatas dan menjadikannya memilih untuk mengkonsumsi makanan tersebut yang tentunya lebih tahan lama dan mudah untuk diolah. 

Sayur serta buah online

Jika sebelumnya pembelian sayur serta buah-buahan dilakukan secara langsung di pasar. Kini dengan sistem jual beli online Kamu dapat menarik minat para pelanggan dengan lebih mudah. Pasalnya pada masa new normal, orang-orang lebih senang untuk melakukan pembelian melalui sistem online. Karena itulah ada baiknya jika Kamu memulai bisnis yang satu ini untuk meraup untung dengan mudah. 

Minuman herbal 

Ide bisnis selanjutnya hadir dari penjualan minuman herbal. Untuk saat ini jenis minuman tersebut lebih banyak dikonsumsi dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Mengapa demikian? Pasalnya setiap orang ingin memiliki tubuh yang bugar, tetap sehat, dan terhindar dari beragam penyakit berbahaya termasuk corona. 

Kuota internet 

Kuota internet juga memegang peranan penting pada masa new normal nanti. Mengapa demikian?  Hal ini berkaitan dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan dari dalam rumah, bahkan untuk para pekerja sekali pun yang dikenal dengan aktivitas WFH. Dengan demikian penjualan kuota pun menjadi bisnis yang cukup menjanjikan untuk Kamu lakukan. 

Peralatan sanitasi serta perlindungan diri 

Ide paling akhir yang dapat Kamu coba Kamu lakukan adalah menjual peralatan sanitasi termasuk alat perlindungan diri. Bisnis yang satu ini memiliki target pasar yang cukup jelas yaitu tenaga medis. Namun seiring dengan meningkatnya rasa cemas di lingkungan masyarakat luas, maka peralatan tersebut pun bisa Kamu jual di tengah-tengah masyarakat dengan lebih mudah. 

Tips atau strategi bisnis di masa new normal 

Untuk menjalankan bisnis di bagian atas tadi dengan hasil yang lebih besar dan tetap dapat bertahan lama, maka pastikan untuk mengikuti beberapa tips dari strategi bisnis berikut ini : 

Tingkatkan margin 

Tips pertama yang dapat Kamu lakukan ketika memulai bisnis di masa new normal adalah meningkatkan margin. Seperti halnya ketika Kamu menjual produk, maka pastikan untuk menjual produk tersebut hingga habis. Dalam hal ini, Kamu tidak perlu menjualnya dalam jumlah banyak terlebih dahulu. Melainkan cukup dengan menjual dalam jumlah sedikit namun tidak bersisa atau impas. Dengan demikian, maka Kamu pun dapat meningkatkan margin dari kegiatan bisnis dengan lebih mudah. 

Perluas wilayah pemasaran 

Tips selanjutnya yang dapat Kamu lakukan adalah memperluas wilayah pemasaran. Hal ini memang cukup sulit untuk dilakukan utamanya jika bisnis Kamu tidak dilakukan secara online. Namun di masa new normal, kebanyakan ide bisnis justru dilakukan secara online, sehingga penjualan produk atau jasa pun umumnya dilakukan dengan jangkauan yang cukup luas. 

Membuka pasar melalui beragam saluran 

Bagian paling akhir yang tidak boleh Kamu lewatkan adalah membuka pasar melalui beragam saluran yang ada. Dengan kata lain, jika sebelumnya Kamu hanya menggunakan aplikasi untuk menjual kuota, maka kini penjualan pun dapat Kamu lakukan melalui beragam media atau platform yang berbeda. Seperti halnya melalui akun sosial media yang Kamu miliki, atau bahkan memanfaatkan beragam marketplace yang dapat Kamu gunakan secara gratis dan mudah. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat terkait ide bisnis serta strategi atau tips bisnis di masa new normal mendatang yang dapat Kamu lakukan dengan mudah.