Gunung Bromo dengan keindahan sunrisenya merupakan wisata yang terkenal di Indonesia yang berada di daerah Probolinggo, Pasuruan, serta Malang. Pengunjung Gunung Bromo sendiri tak hanya orang Indonesia saja melainkan orang asing atau bule pun juga banyak yang memajukan wisata Indonesia. Gunung Bromo merupakan obyek wisata yang menjadi primadona yang ada di Jawa Timur. Jalan-jalan ke Bromo bersama teman atau sendiri sangat mengasyikan.

Tips untukmu yang solo traveling

Solo traveling ke Bromo ala backpacker tanpa agen tour ataupun pergi dengan kendaraan sendiri merupakan suatu hal yang perlu dicoba untuk seorang yang ingin menikmati perjalanan sendirian. Perjalanan dapat dimulai dengan naik Bus di Terminal Arjosari jurusan Malang – Probolinggo atau tujuan Jember/Banyuwangi dan turun di Terminal Probolinggo dengan tarif Bus Rp. 25.000 sampai di Terminal Bayuangga Probolinggo yang membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Setelah sampai di Terminal Bayuangga menuju ke depan dan mencari Byson yaitu elf warna hijau yang tujuan Cemoro Lawang Bromo. Tips untuk mencari elf ini dengan penuh yakin karena banyak calo ojek yang menawari ke Bromo dengan tarif yang mahal. Elf ini sendiri berangkat jika sudah penuh 1 mobil dengan menampung 15 orang dengan tarif Rp. 35.000. Jika ingin langsung berangkat dengan berapapun orangnya bisa juga tetapi tarifnya dapat menutupi harga 1 mobil elfnya yang sekitar Rp. 520.000 dan untuk tips nya yaitu sampailah di Terminal Bayuangga sekitar pukul 12.00 siang.

Setelah naik Byson Elf hijau untuk sampai di Cemoro Lawang membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jalanan yang nanjak dan pemandangan indah. Sesampainnya di Cemoro Lawang dapat mulai mencari tempat menginap seharga Rp. 300.000/rumah terdapat 2 kamar atau Rp. 100.000/kamar dengan fasilitas wifi dan air panas. Terdapat tempat penginapan disepanjang jalan yang dapat dipilih. Beristirahat sejenak sembari meyusun waktu mencari sunrise keesokan harinya ataupun bersosialisasi dengan penduduk sekitar dengan mencari informasi sebanyaknya. Informasi sangat berguna untuk menyusun strategi berkeliling di Bromo.

Kapan lagi bisa jalan – jalan hemat ke Bromo

Untuk mencari makan pun disekitar penginapan terdapat banyak warung yang sekali makan sekitar Rp. 10.000 dan untuk ke Penanjakan pada pagi harinya dapat jalan kaki dari Cemoro Lawang yang membutuhkan waktu 1 jam 30 menit atau menyewa jeep seharga Rp. 350.000, ojek Rp. 100.000 ataupun kuda Rp. 100.000 untuk menikmati sunrise. Untuk menuju ke Kawah dapat juga dengan jalan kaki dengan waktu tempuh 1 jam ataupun menggunakan kendaraan. Jika ingin berlibur hemat ala backpacker dengan jalan kaki sekalian olahraga yang dapat menghemat ratusan ribu uang dengan pengalaman yang lebih berharga pastinya dan menikmati pemandangan yang ada. Dengan begitu hanya perlu menyiapkan uang 200.000 sudah sampai di bromo dari malang ditambah menginap sehari menikmati segarnya suasana Bromo sembari menyiapkan summit attack untuk mendaki sedikit untuk melihat sunrise.