Nostalgia

10 Fakta Menarik dan Bersejarah di Indonesia Untukmu!

Written by Muhammad Artfanton
· 2 min read >
fakta menarik tentang indonesia

Fakta Menarik Tentang Indonesia – Jika kita melihat kembali ke masa lalu dari Indonesia, kita akan menemukan banyak kejadian menarik yang perlu kita ketahui agar kita lebih mencintai Indonesia. Nah, sekarang kita akan bahas satu persatu mengenai kejadian-kejadian yang bersejarah di Indonesia.

Fakta menarik tentang Indonesia yang bersejarah, kamu akan bernostalgia lagi nih:

  1. 70.000 Tahun Yang Lalu – Erupsi Besar Yang Mengubah Dunia

Kamu pasti tahu mengenai Danau Toba yang ada di Sumatra kan, danau indah seluas 30 Km ini terbentuk akibat letusan supervolcano yang terjadi sekitar 73.000 sampai 4.000 tahun sebelum saat ini. Kejadian ini menimbulkan tahun tanpa musim panas di belahan bumi sebelah utara selama enam tahun yang bahkan membuat punah beberapa spesies hewan.

  1. 1814 – Ditemukan Reruntuhan Candi Buddha Terbesar Di Dunia

Candi Borobudur yang  berada di Magelang, Jawa Tengah memang telah menjadi ikon pariwisata di Indonesia. Candi buddha terbesar di dunia ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 825 masehi pada dinasti Sailendra yang ditemukan kembali reruntuhannya oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.

  1. 1815 – Erupsi Gunung Berapi Paling Berpengaruh

Karena Indonesia merupakan sebuah negara dengan gunung berapi yang cukup banyak, maka sejarahnya juga tidak terlepas dari erupsi gunung berapi yang terjadi sepanjang sejarahnya. Salah satu yang terbesar adalah letusan gunung tambora.

Erupsi gunung ini menyebabkan musim panas terdingin di belahan bumi utara, hal ini mengakibatkan gagal panen dan kematian ternak sehingga menimbulkan bencana kelaparan terburuk pada abad ke-19 di Eropa.

  1. 1878 – Penemuan Bunga Paling Bau Di Bumi

Bunga bangkai raksasa yang dapat tumbuh mencapai tinggi dua meter ini pertama kali ditemukan oleh ahli botani dan penjelajah Italia bernama Dr. Oroardo Beccari di hutan hujan Sumatra. Saat bunga ini mekar, kamu bisa mencium baunya dari jarak beberapa ratus meter.

Uniknya, sebutir biji bunga bangakai raksasa ini akan menghasilkan bunga setelah 20 sampai 40 tahun di tanam, oleh karenanya ini merupakan kekayaan alam yang harus dilestarikan.

  1. 1883 – Erupsi Paling Mematikan

Satu lagi erupsi gunung berapi yang menelan banyak korban jiwa, yaitu letusan gunung krakatau pada 27 Agustus 1883. Letusan berantai ini menyebabkan dua per tiga bagian pulau runtuh dan lenyap. Aktivitas seismik juga masih terus dirasakan sampai Februari 1884.

Akibanya sekitar 36 ribu nyawa melayang pada saat kejadian ini, karena letusan ini menyebabkan Tsunami di pantai barat pulau Jawa yang berdekatan dengan pulau krakatau.

  1. 1912 – Masuk Guinness World Record

Pada tahun tersebut, dunia diguncangkan dengan penemuan ular piton sepanjang 10 meter di Sulawesi, hal ini membuatnya masuk kedalam Guinness World Record Book sebagai ular terpanjang saat itu, dan keanekaragaman hayati Indonesia menjadi cukup populer setelahnya.

  1. 1938 – Partisipasi Pertama Dalam FIFA World Cup

Di bawah nama Dutch East Indies, Indonesia pernah berlaga di Piala Dunia yang diselenggarakan oleh federasi sepak bola dunia di Prancis. Meskipun kalah 6-0 dari lawannya, hungaria, namun ini menjadi salah satu momen bersejarah karena sampai saat ini Indonesia belum bisa lagi berpartisipasi dalam laga tersebut.

  1. 1976 – Satelit Generasi Pertama Indonesia Diuncurkan

Nama satelit ini sendiri berasal dari nama sumpah yang diutarakan Mahapatih Gadjah Mada untuk tidak makan buah palapa sebelum menyatukan nusantara pada tahun 1334. Satelit komunikasi ini  diluncurkan tepatnya pada 8 Juli 1976 oleh roket Amerika Serikat.

Sampai saat ini, setidaknya ada 10 unit satelit palapa yang berada di orbit untuk kepentingan komunikasi yang dimiliki perusahaan swasta maupun pemerintah.

  1. 2004 – Tsunami Aceh

Gempa bumi yang menimbulkan gelombang tsunami di Aceh pada tahun 2004 silam memakan korban jiwa setidaknya 200.000 orang, hal ini menjadikannya sebagai bencana paling mematikan dalam sejarah Indonesia.

Guncangan gempa dengan kekuatan 9,1 -9,3 dalam skala kekuatan moment ini meluluh lantakan Aceh dan termasuk dalam gempa bumi terbesar ketiga yang pernah tercatat seismograf yang mempengaruhi seluruh planet bumi.

  1. 2005 – Mie Instan Terbesar Yang Pernah Dibuat

Nah, kali ini kita akan membahas makanan favorit mahasiswa yang sudah terkenal di seluruh dunia, pada tahun 2005 yang lalu produsen mie instan terkemuka di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk mencetak dua rekor GWR dan MURI sekaligus untuk kategori “The Biggest Serving Noodles” dan “The Largest Pack of Instant Noodles”.

Mie instan ini memiliki kemasan yang panjangnya mencapai 3,4 meter dengan lebar 2,3 meter dan tinggi 47 sentimeter sedangkan beratnya sendiri mencapai 664,5 kilogram yang setara dengan 8.000 bungkus mie dengan ukuran biasa.

Ngga kebayang kan bisa makan sebungkus indomie goreng ini tapi kenyangnya awet bertahun-tahun. Dari beberapa kejadian menarik di atas, kita patut merenungi kembali jiwa nasionalisme kita yang harus ditumbuhkan. Terutama mengingat bahwa Indonesia merupakan negara yang rawan bencana alam sehingga kita harus siap siaga setiap waktu untuk menanggulangi bencana alam tersebut. Namun hal ini juga merupakan berkah tersendiri, karena tanah negara kita menjadi lebih subur dan bermanfaat bagi kehidupan manusia yang menghuninya.

museum manusia purba sangiran

5 Jenis Manusia Purba di Museum Sangiran

in Nostalgia
  ·   2 min read

Leave a Reply