Sains

Kebutuhan Air Bagi Manusia Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Written by Media Pejoang
· 1 min read >
kebutuhan air bagi manusia

Kebutuhan Air Bagi Manusia – Tahukah kamu bahwasannya dari tiga perempat pemukaan yang ada di bumi ini tertutup oleh air. Hujan turun yang membawa air mengalirkan ke permukaan dimana tumbuhan dan binatang serta manusia tumbuh dengan baik. Air sendiri terdiri dari molekul-molekul yang sangat kecil berupa dua atom hydrogen yang terikat dengan atom oksigen sehingga terdengar lebih seringnya sebagai H2O yang ditemukan oleh ilmuwan terhadap suatu rumusan kimia.

Air pada tubuh manusia

Pada diri manusia misalnya, air mempunyai komposisi penting bagi tubuh dimana dua pertiganya tubuh kita adalah air. Setiap hari manusia membutuhkan air untuk menyuplai kinerja tubuh dengan baik. Apabila kita kekurangan air akan menyebabkan dehidrasi dan respon tubuh tidak bekerja dengan baik. Maka dari itu kita dianjurkan untuk banyak minum air minimal satu setengah liter atau satu botol untuk membantu organ tubuh bekerja dengan maksimal. Makanan yang dimakan pun mengandung air seperti roti, sayuran, buah-buahan. Kebutuhan air bagi manusia tak hanya dibutuhkan oleh manusia, tumbuhan dan hewan pun juga sangat membutuhkanya.

Air memiliki aneka jenis dimana mempunyai rasa yang berbeda-beda disetiap kita tinggal. Air yang keluar dari kran telah melalui perjalanan panjang yang dimulai dari air hujan turun melalui udara lalu mengalir ke bebatuan disepanjang aliran sungai. Perjalanan air tersebut membawa bermacam zat dari batuan. Oleh sebab itu, cita rasa air yang diperoleh saat ini bergantung pada jenis batuan yang ada di suatu daerah. Kebutuhan air bagi manusia inilah yang menjadikan air sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Bayangkan bagaimana jika air mulai mengalami kekurangan, bisa dipastikan akan mengalami kekeringan. Maka dari itu, menggunakan air dengan sewajarnya agar dapat bermanfaat.

Berapa perkiraan jumlah air di rumah?

Pada saat dirumah, rata-rata kita menggunakan air hingga 10 liter disetiap aktivitas yang dilakukan seperti untuk keperluan mencuci. Lain halnya pada saat mandi dapat menggunakan hingga lima kali jumlah air tersebut. Jika dikalkulasikan dalam sebuah keluarga yang terdiri dari empat orang, dapat menggunakan air berkisar 3.000 liter setiap minggunya dengan rincian yang digunakan untuk mandi, cuci piring, cuci pakaian, dan aktivitas lain yang menggunakan air. Bayangkan bagaimana air merupakan sumber daya alam yang tidak dapat lepas oleh kebutuhan manusia. Maka dari itu kebutuhan air bagi manusia sangat banyak manfaatnya apabila manusia dapat menggunakan air dengan bijak agar kedepannya air dapat terus terjaga.

Written by Media Pejoang
Blog pejoang dibuat untuk tujuan memberikan informasi tentang apa saja yang bermanfaat dan hal positif yang mengulas tentang ilmu pengetahuan, bisnis, teknologi, travel, sosial, dan hiburan. Profile
perbandingan palladium platinum titanium

Perbandingan Palladium, Platinum, dan Titanium

in Sains
  ·   2 min read
pekerja data sains

Pentingnya Pekerja Data Sains di Masa Mendatang

in Sains
  ·   2 min read
misteri dentuman pagi hari

Misteri Dentuman Pagi Hari yang Ramai Dicuatkan

in Sains
  ·   1 min read

Leave a Reply