Ekonomi

Investasi Jangka Panjang, Terapkan 5 Cara Ini!

Written by Media Pejoang
· 1 min read >
investasi jangka panjang

Investasi Jangka Panjang – Menabung merupakan salah satu cara yang ampuh untuk berinvestasi untuk jangka waktu yang akan datang. Menabung sendiri dapat dilakukan dengan mudah yakni dengan menyimpan uang di bank, salah satu contoh yang dapat diterapkan untuk menabung saat ini. Pengertian menabung yang lebih luas untuk mengalokasikan dana yang diharapkan nilainya dapat meningkat dari waktu ke waktu untuk kepentingan yang akan datang. Terdapat beberapa cara menabung yang dapat dilakukan untuk berinvestasi diantaranya:

1. Membuka Rekening Tabungan

Sedari awal ketika mempunyai uang yang lebih pasti ingin menyimpan uang itu untuk keperluan lainnya tanpa dipegang atau dalam bentuk fisik ada di tangan. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak jasa bank yang dapat menyimpang uang dengan cara mendaftar ke bank tersebut sekalian dengan deposit uang tunai yang diinginkan dengan minimal transaksi tentunya. Saat menyimpan uang di bank pun saldo dapat bertambah sesuai jumlah yang ditabung karena adannya bunga. Akan tetapi hal tersebut juga memiliki biaya admin yang sebulan langsung diambil dari rekening sebagai jasa bank telah menyimpang uang. Memilih bank yang tepat akan memberikan kenyaman terhadap apa yang kita simpan.

2. Membeli Saham

Lebih mudahnya saham merupakan bentuk investasi yang berupa kertas atau lot dari pembelian menggunakan uang. Melalui pembelian saham ini diharapkan memperoleh dividen yang dibagi setiap tahun atau keuntungan dari nilai agio saham itu sendiri yakni selisih antara nilai beli dan jual saham. Saham memiliki resiko yang tinggi dan apabila pandai untuk memonitor perkembangan harga saham, maka akan mendapatkan penghasilan dari agio dapat mempercepat peningkatan isi tabungan. Sebaliknya, apabila salah dalam memonitor perkembangan harga saham, akan menjadi boomerang bagi diri sendiri dengan resiko mengalami kerugian.

3. Menyimpan Emas

Emas merupakan salah satu investasi dengan harga yang stabil serta setiap tahunnya mengalami kenaikan. Berinvestasi dengan cara membeli emas merupakan salah satu cara yang efektif untuk menabung untuk jangka waktu yang akan datang. Penyimpanan emas sendiri dapat di simpah di rumah, akan tetapi lebih baiknya disimpan di bank yang memanfaatkan jasa safe deposit box (SDB) agar lebih aman dengan memberikan biaya jasa dalam penyimpananya. Pembelian emas dapat juga dilakukan di kantor pegadaian dengan bentuk berupa koin emas yang dapat di simpan lebih mudah serta dicairkan kembali ke kantor pegadaian. Harga emas yang terus naik tiap tahunya dapat dijadikan pilihan investasi yang tepat untuk saat ini.

4. Membeli Reksadana

Reksadana merupaka produk yang ditawarkan bank dengan jangka waktu tertentu. Reksadana sendiri hampir mirip dengan saham akan tetapi memiliki resiko yang kecil serta keuntungan yang relatif stabil meningkat. Pada dasarnya saat membelli reksadana juga terdapat manajer investasi yang bekerja sama dengan bank yang menawarkan reksadana tersebut. Maka dari itu, apabilan ingin berinvestasi dengan cara memberi reksadana tentukan dengan baik produk yang ingin dibeli.

5. Memiliki Tanah Maupun Lahan

Lahan atau tanah merupakan pilihan berinvestasi yang aman dengan mengalami kenaikan harga tiap tahunya seiring dengan kemajuan yang berada di daerah lahan tersebut. Secara logika, tanah atau lahan akan tetap naik harganya karena setiap tahun penduduk mengalami peningkatan sehingga membutuhkan tempat tinggal maupun lahan untuk usaha. Adannya investasi tanah maupun lahan dapat menjadi pilihan yang baik untuk investasi jangka panjang ke depannya maupun dijadikan warisan ke keluarga.

Itulah beberapa cara investasi yang dapat menambah tabungan yang dimiliki saat ini. Adannya investasi yang dimiliki dapat mempermudah keperluan yang mendesak apabila membutuhkan biaya dengan cara mencairkan investasi tersebut menjadi tambahan penghasilan di masa mendatang.

Written by Media Pejoang
Blog pejoang dibuat untuk tujuan memberikan informasi tentang apa saja yang bermanfaat dan hal positif yang mengulas tentang ilmu pengetahuan, bisnis, teknologi, travel, sosial, dan hiburan. Profile

Leave a Reply