Mahasiswa

13 Jurusan Kuliah yang Cocok Untukmu di Dunia Kerja!

Written by Muhammad Artfanton
· 3 min read >
macam macam jurusan kuliah

Macam – Macam Jurusan Kuliah – Kuliah merupakan impian semua orang yang ingin melanjutkan pendidikannya lebih tinggi. Ada tidaknya dana menjadi sebuah kendala tersendiri namun dengan tekad dan niat yang kuat maka untuk duduk di bangku perguruan tinggi bisa terkabul. Saat ini ada banyak program kuliah dengan biaya nol rupiah (beasiswa) untuk mereka yang berprestasi. Jadi, kamu tidak perlu risau kalau kuliah itu tidak ada keringanan biaya. Beberapa orang tentu ingin menentukan jurusan yang ketika lulus bisa segera bekerja dengan keahlian yang dimilikinya.

Kamu bisa memilih Macam – Macam Jurusan Kuliah dari fakultas di bawah ini!

  1. Fakultas Ekonomi

Merupakan fakultas yang dipercaya mampu mencetak generasi yang handal dengan perhitungan dunia ekonomi atau bisnis. Ada banyak jurusan kuliah yang menjanjikan di dalam fakultas ini seperti manajemen akuntansi, akuntansi, ilmu ekonomi dan bisnis ekonomi. Rata-rata perusahaan besar akan mencari seorang akuntan untuk dijadikan tenaga dalam menghitung laba rugi usaha.

  1. Fakultas Hukum

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang kajian hukum baik pidana atau perdata dengan berbagai keperluan kasus yang ada di dunia. Lulusan dari fakultas hukum ini dipercaya mampu menyelesaikan perkara tentang aturan negara seperti pajak, kriminal dan sebagainya. Jurusan hukum seperti ilmu hukum, yang materinya tentang semua aturan hukum. Lulusan dari ini bisa menjadi pengacara, hakim, pegawai KUA, pejabat PPAT dan sebagainya.

  1. Fakultas Teknik

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang dunia mekanime sebuah hal seperti teknik elektro yang berkecimpung dalam bidang pengoperasian produk elektronik dan listrik. Dalam fakultas ini ada banyak jurusan yang paling banyak dicari di dunia kerja seperti Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Kelautan, Teknik Lingkungan, Teknik Fisika, Teknik Geodesi, Teknik Informatika.

  1. Fakultas Sastra dan Ilmu Budaya

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang sejarah atau kebudayaan sebuah daerah atau negara. Untuk beberapa kampus lebih memilih nama fakultas adab dan humaniora. Adapun jurusan yang umumnya disediakan yakni Sastra Indonesia, Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Belanda, Sastra Jepang, Ilmu Sejarah. Daftar jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita di atas lebih disukai karena kebanyakan bisa berkeliling dunia.

  1. Fakultas Kedokteran

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang kesehatan, struktur tubuh manusia atau hewan dan bagaimana cara mengatasinya. Di fakultas kedokteran hanya disediakan untuk satu jurusan kuliah yang menjamin masa depan yaitu pendidikan kedokteran. Barulah jika ingin mengambil profesi lebih khusus naik ke jenjang S2 atau S3. Jika ingin lebih jelasnya, kamu bisa klik fakultas kedokteran di beberapa kampus dan mengambil jurusan yang diinginkan. Hampir semua penyakit butuh dokter untuk tempat berlabuhnya, maka tak heran biaya untuk kuliah di bidang ini sangat tinggi namun prospek kerjanya pasti dibutuhkan.

  1. Fakultas Seni, teater dan Desain

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang dunia kesenian dan teater. Dalam hal ini di dunia karir, kamu bisa membuat karya hebat yang diakui orang lain seperti desain undangan, desain rumah atau akting dunia peran. Macam – Macam Jurusan Kuliah yang sering kali disediakan yaitu Seni Rupa Murni, Desain Komunikasi Visual, Desain Grafis, Desain Produk, Desain Interior, Kriya Seni, Desain Fashion, Arsitek. Keahlian ini tentunya menjadi sebuah tantangan karena orang yang melihat karyamu akan mengacungkan jempol sebagai sebuah karya yang berbeda dan indah.

  1. Fakultas Sains

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang dunia ilmu pasti dan tidak bisa diganggu gugat seperti ilmu alam. Untuk kamu yang dari sma masuk ke bidang IPA maka jurusan untuk anak IPA yang pas seperti Matematika, Fisika, Geofisika, Kimia, biologi. Prospek karir di dunia kerja bisa masuk ke lembaga penelitian atau menjadi tutor lembaga pendidikan yang kini banyak dicari. Di dalamnya kamu akan berkutat dengan     hitungan angka dan rumus yang njlimet.

  1. Fakultas Ilmu Politik

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang dunia politik seperti birokrasi negara, birokrasi pemerintahan dan sejenisnya. Untuk jurusan fakultas ini hanya ada satu yaitu ilmu politik, ada banyak kasus politik yang bisa kamu selesaikan. Nama-nama gelar sarjana ilmu politik ini disisipkan S.Pol yang artinya Sarjana Ilmu Politik.

  1. Fakultas Keperawatan

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang dunia keperawatan, kebidanan akan tetapi tidak seberat jurusan kedokteran. Bagi kamu yang dari sekolah umum IPA bisa mengambil jurusan kuliah untuk anak IPA, keperawatan karena setiap rumah sakit butuh tenaga perawat dan bidan. Dalam dunia kerja profesi ini tidak akan menjadi profesi yang kehabisan kuota pekerjaan karena pastinya diperbantukan untuk semua kalangan.

  1. Fakultas Pendidikan

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang strategi pembelajaran dan psikologi pendidikan anak-anak. Dalam hal ini dunia pendidikan juga butuh tenaga yang ahli sesuai bidangnya. Adapun nama nama jurusan kuliah pendidikan yang disediakan seperti pendidikan mapel (kimia, fisika, biologi, IPA, matematika, agama, kewarganegaraan dan sebagainya), pendidikan bahasa (mandarin, korea, jepang, inggris dan sebagainya), pendidikan sosial (IPS).

  1. Fakultas Ushuludin

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang dasar agama (cenderung Agama Islam). Dalam hal ini peserta didik akan mengetahui tentang nilai filsafat yang menempel di agama atau cerita sejarah kenabian. Jurusan yang disediakan yaitu Aqidah dan Filsafat, Studi Perbandingan Agama, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadits, Tasawuf Psikoterapi, Sosiologi Agama, Agama dan Filsafat. Karir dari jurusan ini bisa menjadi pendakwah, analis kitab suci, atau dosen tentang keagamaan.

  1. Fakultas Dirasat Islamiyah

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang dirasat islamiyah dan hanya ada satu yakni di Kampus UIN Jakarta. jurusan ini kebanyakan mempelajari hadist, kitab klasik Islam, bahasa arab. Lebih spesifik belajar tentang Islam itu seperti apa.

  1. Fakultas Pariwisata dan Perhotelan

Merupakan fakultas yang mempelajari tentang dunia pariwisata dan perhotelan mengingat saat ini telah banyak tempat wisata yang dihadirkan dan hotel yang berdiri. Manajemen dari pariwisata dan perhotelan sangat prospek sekali dalam dunia kerja. Lulusan D1 saja bisa diterima kerja dengan gaji yang cukup lumayan. Adapun jurusan kuliah lain yang tersedia antara lain Tata Boga, Tata Busana, Manajemen Perhotelan, Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan.

Itulah berbagai daftar jurusan yang dibutuhkan dalam dunia kerja, salah satu daftar jurusan kuliah IPA dan penjelasannya bisa kamu lihat di masing-masing kampus. Masuk ke dunia perguruan tinggi tidak sebatas bergaya namun kamu juga wajib menggapai cara mendapatkan ipk tinggi agar bisa lulus tepat waktu dan diperhitungkan di dunia kerja. Dengan nilai ipk yang tinggi bisa mendaftarkan beasiswa yang disediakan oleh pihak kampus, jika kamu sedang beruntung maka kuliah S2 di luar negeri bisa dicapai. Apakah kamu tidak ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di negara lainnya untuk pencapaian karier terbaik.

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply