Tentang Palladium – Ada banyak hal yang ingin ditanyakan tentang palladium? Namun dari sekian banyak pertanyaan tersebut, kelebihan palladium menjadi topik yang paling banyak diperbincangkan. Hal ini tidak lepas dari penggunaan palladium sebagai bahan pengganti emas pada beragam jenis perhiasan yang digunakan. Seperti halnya pada pembuatan cincin nikah atau bahkan cincin tunangan. Untuk mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki palladium tersebut, ada baiknya jika Kamu simak uraian penjelasan berikut ini : 

Kelebihan bahan palladium 

Palladium dikenal sebagai salah satu logam mulia yang cukup tahan lama. Hal ini tidak lepas dari sifatnya yang tahan korosi serta oksidasi. Karena itulah, bahan yang satu ini pun lebih banyak diminati dalam pembuatan perhiasan. Lebih dari itu, palladium juga dikenal dengan sifat hypoallergenic yang mana penggunaannya tidak akan menimbulkan alergi seperti kulit gatal-gatal, munculnya ruam dan lainnya. 

Selain beberapa kelebihan di bagian atas tadi, bahan palladium juga dikenal dengan harga yang cukup murah. Meski demikian Kamu tidak perlu khawatir dengan tampilannya. Karena ia tidak mudah kusam dan lebih tahan lama. Bahkan bagi kaum pria yang ingin menggunakan perhiasan dari acara pernikahan namun terhalang karena penggunaan emas yang haram, maka tidak perlu khawatir. Karena perhiasan dari bahan palladium tetap bisa Kamu gunakan dengan aman tentunya. 

Harga bahan palladium 

Berbicara mengenai harga palladium, ternyata logam mulia yang satu ini memiliki kenaikan harga yang cukup signifikan untuk setiap tahunnya. Hal ini terlihat dari tahun 2017 lalu, yang mana harga palladium berada pada angka US$ 1.063,52 / ons troi. Kemudian di tahun 2018, harga bahan palladium meningkat kembali pada angka US$ 1.261,78 / ons troi. 

Sementara itu, di tahun 2019 lalu harga palladium juga mengalami peningkatan mencapai US$ 1.945,62 / ons troi dan untuk tahun 2020 ini harganya meraih angka yang cukup fantastis yaitu sekitar US$ 2.000 / ons troi yang mulai berlaku sejak bulan Januari lalu. Peningkatan harga palladium tersebut juga memiliki perbandingan yang cukup baik dengan beragam jenis logam mulia lainnya, seperti halnya emas, platinum atau bahkan perak. 

Perbandingan antara palladium, platinum serta titanium 

Berikut ini penulis sajikan beberapa perbandingan di antara palladium, platinum serta titanium sebagai bahan pembuat perhiasan yang masih jarang diketahui orang, di antaranya : 

Dari segi harga 

Jika dilihat dari segi harga palladium termasuk dalam bahan perhiasan atau logam mulia dengan harga terjangkau, namun tetap jika dibandingkan dengan perak tentu palladium memiliki penawaran harga yang lebih tinggi. Sementara untuk platinum, bahan ini dikenal sulit untuk ditemukan sehingga memiliki harga tinggi. Begitu pun dengan titanium yang masuk dalam jenis logam eksklusif. Karena itulah selain mahal logam ini juga hanya digunakan untuk kebutuhan tertentu saja. 

Dari segi daya tahan

Palladium dikenal sebagai bahan atau logam mulia dengan daya tahan tinggi. Namun daya tahan tersebut masih terbilang lembut jika dibandingkan dengan platinum atau bahkan titanium. Karena itulah jika perhiasan dibuat dengan bahan platinum serta titanium maka perhiasan tersebut pun tidak dapat di resize ulang. 

Dari segi hypoallergenic 

Untuk bagian yang satu ini, maka bahan palladium serta platinum dikenal dengan keunggulan yang lebih baik dari titanium. Karena meskipun dikenal lebih kuat, bahan ini tidak bersifat hypoallergenic. Bahkan ia pun tidak dapat dipadukan dengan penggunaan bahan lain dalam proses pembuatan perhiasan yang dilakukan seperti halnya menambahkan berlian atau bahkan permata. Pasalnya jika hal tersebut dilakukan maka akan merusak bahan titanium itu sendiri. 

Dari penjelasan tentang palladium di bagian atas tadi dapat Kamu lihat bahwa palladium hadir sebagai logam mulia yang memiliki banyak kelebihan. Bahkan dari kelebihannya yang dimilikinya, Kamu sebagai pengguna tentunya bisa mendapatkan keuntungan yang cukup beragam, dimulai dari hadirnya perhiasan yang lebih tahan lama, hingga penggunaannya yang diperbolehkan bagi kaum laki-laki.

Namun sebelum menggunakan bahan palladium tersebut sebagai bahan utama dari perhiasan yang Kamu inginkan ada baiknya jika Kamu perhatikan ukuran serta desain perhiasan yang ingin Kamu buat terlebih dahulu, sehingga perhiasan yang dibuat pun akan memberikan tampilan yang lebih sempurna.