Mahasiswa

6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Pas Buat Mahasiswa!

Written by Muhammad Artfanton
· 3 min read >
cara mendapatkan uang dari internet

Sebagai mahasiswa, kamu bisa mencoba cara mendapatkan uang dari internet sebagai sumber pemasukan dan tambahan uang saku, lho! Jadi, kamu tak perlu terus-terusan minta uang saku ke orang tua untuk jajan, kan? Misalnya untuk membeli voucher game favoritmu, beli skincare untuk merawat kulitmu, atau makan enak sambil ngopi tiap weekend.

Malah, sekarang ini sudah semakin banyak orang yang sukses membuktikan bahwa mencari uang di internet juga bisa jadi sumber penghasilan utama mereka. Buat kamu yang juga ingin mencoba berbisnis sendiri sambil kuliah, kamu juga bisa mencoba peluang ini, kan? Dan berbeda dari kerja kantoran atau di lapangan yang harus memenuhi kesehatan dan keselamatan kerja hingga undang undang tenaga kerja secara keseluruhan, kerja online jauh lebih aman, praktis, dan bahkan bisa kamu jalankan tanpa mengganggu aktivitas kuliahmu, lho!

Kalau begitu, apa saja ya ide dan cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa? Simak daftarnya berikut ini, ya!

  1. Jadi reseller

Jadi reseller apa? Idenya banyak! Mulai dari jadi reseller baju, aksesoris, sepatu, kue kering, jilbab, sampai jadi reseller barang elektronik, semuanya bisa kamu lakukan. Tanpa harus repot-repot sewa toko, kamu bisa berjualan secara online dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook, atau lewat situs marketplace. Bahkan, kamu juga bisa pertimbangkan untuk melayani bukan hanya pembeli dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri, lho! Jadi, tokomu bisa dikenal di luar negeri tanpa harus kerja di luar negeri secara langsung. Menarik, kan?

Mencari uang di internet dengan menjadi reseller adalah cara yang sangat mudah dan ekonomis untuk kamu yang ingin berjualan, tapi punya modal yang ngepas. Karena dengan menjadi reseller, kamu hanya perlu menjualkan barang dari supplier atau produsennya langsung, sehingga kamu tidak perlu pusing mengurus produksi, kan?

Dan buat kamu yang modalnya bahkan super pas-pasan, kamu juga bisa pilih opsi jadi dropshipper, lho! Mirip seperti jadi reseller, jadi dropshipper juga berarti kamu hanya perlu menjualkan barang milik produsen atau supplier. Hanya saja, dengan menjadi dropshipper, kamu malah tidak perlu membeli stok barang karena pengiriman akan dilakukan langsung oleh supplier. Makanya, tak heran kalau banyak yang bilang kalau jualan jadi dropshipper adalah cara mudah mendapatkan uang tanpa modal, kan?

  1. Jadi guru les

Sekarang, kamu tidak perlu harus datang ke rumah murid atau menunggu murid datang ke tempatmu untuk mengajar jadi guru les. Berkat kemajuan teknologi internet, kamu bisa manfaatkan fitur video call atau bahkan video conference untuk mengajar lewat kelas online, lho!

Jadi, kalau kamu memang punya keahlian di bidang mata pelajaran tertentu untuk level SD, SMP, maupun SMA, kamu bisa manfaatkan kepintaranmu untuk kerja online dari rumah, kan? Apalagi, les online sekarang sudah tak lagi jadi hal yang asing, terutama semenjak masa darurat pandemi covid-19. Dan selain menjadi guru les mata pelajaran, kamu juga bisa jadi tutor untuk les masak atau kerajinan tangan secara online, kok.

  1. Jualan pulsa dan paket data

Kamu sendiri pasti sudah merasakan bahwa pulsa dan paket data atau paket internet telah menjadi kebutuhan utama. Bahkan, pulsa yang dibeli malah sering kali digunakan untuk membeli paket data, bukannya untuk SMS-an atau telponan. Soalnya, masyarakat sekarang sudah bisa saling berkirim pesan dan telponan dengan murah berkat internet.

Artinya, yang menganggap kalau pulsa dan paket data adalah kebutuhan utama bukan hanya kamu, kok! Soalnya, orang lain juga memiliki anggapan yang sama. Karena itu, mengapa tidak kamu manfaatkan saja peluang ini untuk mendapatkan penghasilan lewat internet? Apalagi, kamu bisa berjualan kapan saja dan di mana saja dengan memanfaatkan aplikasi jual pulsa. Jadi, mau kamu ada di kampus atau ada di rumah, kamu tetap bisa berjualan tanpa harus membuka konter pulsa sendiri, kan?

  1. Jadi freelance writer

Freelance writer atau penulis lepas sampai sekarang masih jadi ide dan peluang kerja part time online yang menjanjikan dan banyak diminati, lho! Soalnya, kerja jadi penulis lepas sangat fleksibel dan kamu bisa bebas tentukan sendiri jam kerjanya karena kamu tidak terikat dengan jam kerja kantor. Jadi, kamu bisa kerja di sela-sela kesibukan kuliahmu, kan? Media komunikasi dengan klien juga sepenuhnya dilakukan secara online seperti lewat email dan chat, jadi kamu juga tak perlu harus bertatap muka dengan klienmu.

Sebagai freelance writer, kamu bisa temukan berbagai jenis niche atau segmen terfokus yang bisa kamu pilih sebagai bidang spesialisasimu. Misalnya menulis untuk konten blog, website, sampai jadi copywriter untuk menulis konten media sosial bisnis atau brand, maupun menulis caption media sosial yang menarik dan menggelitik. Topik tulisannya pun masih bisa diklasifikasikan lagi. Misalnya menulis untuk konten traveling, kuliner, musik, olahraga, fashion, kecantikan, dan otomotif. Lebih bagus lagi kalau kamu jago menulis dalam bahasa Inggris, yang bayarannya cenderung lebih tinggi dibandingkan artikel berbahasa Indonesia.

Dengan mempertimbangkan bahwa internet telah menjadi media andalan berbagai perusahaan dan brand untuk melakukan promosi, tak heran kalau lowongan kerja part time maupun full time untuk freelance writer selalu ada, kan? Jadi, tunggu apa lagi?

  1. Jadi freelance graphic designer

Tak hanya jadi penulis lepas, ide kerja sampingan di rumah lainnya yang bisa kamu pilih dengan memanfaatkan keahlianmu adalah dengan menjadi freelance graphic designer alias desainer grafis lepas.

Serupa dengan menjadi freelance writer, kamu juga bisa bebas bekerja secara online sebagai freelance designer. Artinya, kamu juga bisa menyesuaikan jam kerja di sela-sela aktivitasmu sebagai mahasiswa. Jenis desain yang populer pun sangat beragam. Misalnya desain untuk konten media sosial, website atau blog, logo perusahaan atau brand, dan sebagainya.

  1. Pembuatan dan desain website

Peluang yang satu ini juga masih populer dan diminati, lho! Coba kamu cek lowongan kerja hari ini, deh. Pasti kamu bisa menemukan lowongan untuk web developer dan designer dengan mudah. Apalagi, bukan hanya perusahaan besar dan multinasional saja yang memanfaatkan internet sebagai media promosi mereka, karena banyak UMKM yang juga sudah menyadari manfaat media digital untuk program pemasaran mereka.

Nah, buat kamu yang berstatus mahasiswa dan punya skill di bidang pembuatan dan desain website, atau malah mengambil jurusan yang terkait di kampus, kamu sebenarnya bisa gunakan peluang ini selain untuk mendapatkan tambahan uang saku, lho! Kamu bisa menyasar bisnis kecil atau UMKN, atau bisnis rumahan sebagai segmenmu, karena mereka biasanya membutuhkan jasa pembuatan web yang terjangkau.

Nantinya, sambil mengumpulkan pemasukan tambahan, kamu juga bisa menambah portofoliomu yang dapat digunakan ketika kamu lulus dan mencari pekerjaan, kan? Itulah beberapa ide dan cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu jajal meskipun kamu masih berstatus mahasiswa. Mana ide yang paling menarik buat kamu?

nama nama gelar sarjana

Mengenal Nama-Nama Gelar Sarjana di Indonesia

in Mahasiswa
  ·   1 min read

Leave a Reply